Jogja
Kamis, 11 Juni 2015 - 01:40 WIB

ALOKASI DANA DESA : 1 Desa di Kulonprogo Belum Cairkan ADD

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (Dok/JIBI/Harian Jogja)

Alokasi dana desa di wilayah Kulonprogo sduah dicairkan di 86 desa. Tercatat hanya satu desa yang belum mencairkan 

Advertisement

 

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo menyebutkan alokasi dana desa sudah dicairkan untuk 86 desa dan hanya satu desa yang belum mencairkan sampai saat ini.

Menurut Sekretaris DPPKA Kulonprogo Elin Tjindewati, bulan Juni ini ada 34 desa yang sudah mencairkan. Dana yang telah dicairkan oleh DPPKA per 8 Juni 2015 yakni mencapai Rp3,4 miliar.

Advertisement

“Pencairan ADD dilakukan setiap bulan, namun ada juga yang baru mencairkan dari Januari sampai Juni. Ada sepuluh desa di bulan ini yang mencairkan ADD untuk periode tersebut, yakni desa di Kecamatan Temon. Sedangkan sisanya mencairkan untuk bulan Juni,” jelas Elin, Rabu (10/6/2015).

Lebih lanjut Elin menjelaskan, dampak molornya pencairan dana tersebut akan sangat berpengaruh terhadap pembayaran gaji para perangkat desa. Pasalnya, porsi pemanfaatan anggaran ADD tersebut 30% dialokasikan untuk pembayaran gaji atau honor perangkat desa maupun SDM lain di tingkat desa, serta biaya operasional desa. Sedangkan, 70% dari anggaran itu dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur dan pengembangan desa.

“Total dana ADD tahun ini dari pemerintah untuk 87 desa di Kulonprogo adalah Rp73 miliar. Pencairan untuk ADD memang lebih rumit dibandingkan DD, karena pencairan ADD memerlukan verifikasi dari kecamatan,” tandas Elin.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif