Jatim
Rabu, 10 Juni 2015 - 13:05 WIB

SAPI KAKI LIMA : Diperlakukan Istimewa, Sapi Ini Diajak Acara Sekatenan Hingga Pengajian

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sapi jantan berkaki lima dan berkelamin dobel milik warga Besowo, Kediri, Jatim. (JIBI/Solopos/Aries Susanto)

Sapi kaki lima milik warga besowo Kediri ini diperlalukan sangat istimewa. Inilah kisahnya.

Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Jika ada sapi diperlakukan sangat istimewa oleh pemiliknya, sapi ini salah satunya. Sapi bernama lengkap Kliwon Si Lembu Sura ini aktivitasnya sehari-hari bukanlah membajak sawah atau menarik gerobak bersama majikannya. Melainkan, nglencer dari satu daerah/ kota ke daerah lainnya.

Advertisement

Tujuan nglencer sapi kelahiran enam tahun lalu itu juga bukan sembarangan. Sebab, lokasi yang dituju adalah tempat-tempat di mana digelar sebuah even akbar dengan jumlah penggunjung ribuan.

“Kadang ke acara pameran ekonomi, bazar, sekatenan, haul, hingga acara-acara pengajian,” kata Andri, salah satu penjaga Kliwon Si Lembu Sura saat berbicang dengan Madiun Pos dalam acara pameran di Alun-Alun Kota Madiun, Selasa (9/6/2015).

Di acara-acara tersebut, Lembu Sura tak diminta melakukan atraksi atau berjalan lenggak-lenggok. Dia hanya cukup rileks di kandang sambil makan rumput sepuasnya. Jika penonton yang penasaran berdatangan, maka sang majikan akan kebanjiran rezeki melalui tiket masuk.

Advertisement

“Tiketnya antara Rp3.000 sampai Rp5.000. Melihat situasi dan kondisi. Kalau sepi seperti ini, tiket harga Rp3.000 saja kita masih rugi,” keluh Andri.

Ya, Lembu Sura memang sapi yang cukup beruntung. Sang majikan sangat mengistimewakannya lantaran keistimewaan yang dimiliki sapi kelahiran asli Nganjuk ini.

Salah satu kesitimewan sapi jantan ini ialah memiliki kaki lima. Keistimewaan pendukung lainnya ialah memiliki alat kelamin ganda dan lahir pas Kliwon Bulan Sura, bulan yang cukup dikeramatkan bagi sebagian besar masyarakat Jawa.

Advertisement

Sapi aneh itu lahir enam tahun silam di Nganjuk, Jawa Timur. Tak berselang lama, sapi aneh itu dijual kepada Parman, warga Besowo Kediri. Saat lahir, kakinya bagian belakang kiri terlihat aneh seperti bercabang. Setelah besar, cabang kakinya itu kian nyata. Tak hanya itu, alat kelamin sapi jantan itu juga tumbuh satu lagi di sampingnya setelah besar.

“Jadi, keanehan sapi jantan ini selain kakinya yang lima buah, juga alat kelaminnya yang dobel,” paparnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk update informasi Madiun Raya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif