News
Rabu, 10 Juni 2015 - 09:35 WIB

PERNIKAHAN GIBRAN-SELVI : Begini Jalannya Prosesi Siraman Putra Presiden Jokowi

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga memasang janur kuning di jalan menuju kediaman Selvi Ananda, Selasa (9/6/2015). (Reza F/JIBI/Solopos)

Pernikahan putra Jokowi telah memasuki prosesi Siraman.

Solopos.com, SOLO – Pernikahan putra Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka dengan mantan Putri Solo, Selvi Ananda, telah memasuki prosesi Siraman. Saat ini prosesi sedang berlangsung di rumah masing-masing mempelai.

Advertisement

Pantauan Solopos.com mengutip laporan reporter Solopos FM, Avrilia Wahyuana, Rabu (10/6/2015), menyebut saat ini sedang berlangsung prosesi sirama. Prosesi ini sudah dimulai sejak pukul 07.00 WIB yang dimulai dengan persiapan rias. Sedangkan siraman akan dilakukan pada pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB.

Prosesi siraman ini akan dilakukan sendiri oleh Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi. Sedangkan siraman untuk mempelai wanita, Selvi Ananda, dilakukan oleh kedua orang tuanya. (Klik link ini untuk pantauan lengkap prosesi Pernikahan Putra Presiden Jokowi di Solopos.com)

Dalam prosesi ini, yang diperkenankan masuk hanya keluarga inti dari masing-masing mempelai. Sebelumnya, keluarga Presiden Jokowi memang mengatakan akan membatasi tamu yang hadir dalam prosesi siraman Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda, Rabu. Siraman hanya akan dihadiri keluarga dan kerabat dekat calon mempelai untuk menjaga kesakralan prosesi adat.

Advertisement

Hal itu disampaikan Setyawan Prasetya, paman Jokowi, saat menggelar jumpa pers di Graha Saba Buwana, Selasa (9/6/2015). Menurut Setyawan, tamu yang hadir dalam siraman tidak akan seperti prosesi midodareni yang melibatkan ribuan undangan. (Baca Juga: Liputan Siraman Putra Jokowi, Wartawan Dibatasi 15 Orang)

Dia menyebut hanya sekitar 150 anggota keluarga dan kerabat dekat calon mempelai yang dipersilakan menghadiri siraman jelang pernikahan Gibran-Selvi. Diketahui, siraman akan digelar di dua lokasi, kediaman Presiden dan kediaman Selvi Ananda, Rabu pukul 09.00 WIB. “Kalau siraman khusus keluarga saja, mungkin sekitar 150 orang. Ya untuk menjaga kesakralan,” ujarnya.

Sesuai adat Jawa, Setyawan mengatakan air yang digunakan siraman diambil dari tujuh mata air. Namun dia enggan membeberkan sumber mata air tersebut. Selain mengambil tujuh mata air, ubarampe siraman biasanya berupa kembang setaman, air kelapa dan air perasan jeruk

Advertisement

Pantauan Solopos FM, di sekitar rumah Jokowi, berbagai karangan bungan sudah mulai berdatangan. Mulai dari sejumlah hotel, agen travel, hingga Pasoepati mengucapkan selamat kepada Presiden Jokowi.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif