Jogja
Rabu, 10 Juni 2015 - 11:20 WIB

DEMAM BATU AKIK : Minat Batu Akik? Bupati Kulonprogo akan Melelang Koleksinya

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi batu akik jenis spirtus (JIBI/Solopos/Antara)

Demam batu akik membuat Bupati Kulonprogo akan melelang koleksi miliknya

Harianjogja.com, KULONPROGO– Bupati Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Hasto Wardoyo akan melelang lima batu akik koleksi pribadinya pada pameran batu akik yang akan berlangsung Sabtu dan Minggu, 13-14 Juni di gasebo rumah dinas bupati.

Advertisement

Bupati Hasto mengatakan batu akik yang akan dilelang yaitu batu junjung drajat, lavender, batu bermotif gebleg renteng, sulaiman, dan panca warna.

“Hasil lelang batu akik tersebut untuk membantu program bedah rumah bagi warga miskin,” kata Hasto, Selasa (9/6/2015).

Ia mengatakan dirinya tidak begitu menyenangi batu akik, sehingga dilelang. Batu akik koleksinya merupakan pemberian dari kolektor.

Advertisement

“Saya tidak begitu fanatik terhadap akik. Dari pada batu akiknya hanya tersimpan, lebih baik dilelang, dan hasil lelangan bisa digunakan untuk membantu warga miskin,” kata Hasto.

Sementara itu, Ketua Panitia Pameran Batu Akik Fajar Gegana mengatakan ada 25 perajin lokal Kulonprogo yang akan mengikuti pameran tersebut.

Kegiatan ini, kata dia, diperuntukkan bagi perajin batu akik lokal, supaya dapat berkembang. Namun, ada beberapa perajin dari luar daerah yang tertarik mengikuti pameran itu.

Advertisement

“Kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Nyadran Agung Kulonprogo 2015,” katanya.

Menurut dia, Kulonprogo memiliki kekayaan batu akik yang nilai jualnya tinggi. Di antara batu akik unggulan Kulonprogo adalah lavender dan panca warna yang memilki ciri khas warna merah dan unggu.

“Potensi batu akik perlu dieksplorasi supaya meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif