Lifestyle
Rabu, 10 Juni 2015 - 07:50 WIB

Awas Sabun Colek Bisa Berbahaya

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi piring (anneahira.com)

Sabun colek bagi sebagian masyarakat masih digunakan untuk membersihkan peralatan rumah tangga.

Solopos.com, SOLO – Selain digunakan untuk mencuci piring, terkadang sabun colek kerap digunakan untuk membersihkan barang-barang lain di rumah. Namun, ternyata penggunaan sabun colek selain untuk mencuci piring itu bisa menimbulkan bahaya.

Advertisement

Sabun colek memiliki formula khusus yang mampu mengangkat lemak dan kotoran di piring dengan cepat. Selain harganya yang murah, sabun colek itu pun mampu membersihkan kotoran dan noda di berbagai tempat.

Akan tetapi, penggunaan sabun colek untuk keperluan lain seperti mencuci pakaian sangat tidak dianjurkan. Karena, sabun colek memiliki sifat keras yang dikhawatirkan akan merusak serat kain.

Advertisement

Akan tetapi, penggunaan sabun colek untuk keperluan lain seperti mencuci pakaian sangat tidak dianjurkan. Karena, sabun colek memiliki sifat keras yang dikhawatirkan akan merusak serat kain.

Sejatinya, setiap sabun memiliki kegunaan tersendiri. Setiap sabun dibuat dengan formula khusus yang berbeda-beda. Oleh karena itu, tidak semua benda bisa dibersihkan dengan sabun colek.

Dikutip Solopos.com dari laman Boldsky, Jumat (5/6/2015), berikut adalah beberapa benda yang tidak boleh dicuci dengan sabun colek.

Advertisement

Mencuci piring menggunakan sabun colek memang diperbolehkan. Akan tetapi bila Anda mencuci piring dengan mesin, maka hindarilah penggunaan sabun colek. Penggunaan sabun colek pada mesin pencuci piring akan menimbulkan busa yang berlebihan dan memicu kerusakan mesin.

Mencuci Jok Kulit

Mencuci jok sepeda motor maupun sofa yang terbuat dari kulit menggunakan sabun colek adalah perbuatan yang salah. Sabun colek dapat merusak tekstur kulit. Selain itu, mencuci benda yang terbuat dari kulit dengan sabun colek juga membuatnya kusam.

Advertisement

Mencuci Tangan

Mencuci tangan menggunakan sabun colek juga tidak diperbolehkan. Penggunaan sabun colek akan merusak kulit. Orang yang membersihkan tangan mereka dengan sabun colek akan mudah terkena jamur. Jamur tersebut akan tumbuh dan menginfeksi kuku.

Mencuci Pakaian

Advertisement

Pakaian butuh deterjen untuk mengilangkan noda yang melekat. Penggunaan sabun colek untuk mencuci pakaian adalah tindakan yang salah. Sabun colek tidak memiliki formula yang sama dengan deterjen untuk menghilangkan noda pada pakaian.

Sabun colek dibuat dengan formula khusus untuk menghilangkan noda yang melekat pada benda logam, kaca maupun plastik. Penggunaan sabun colek untuk mencuci pakaian ini justru akan merusak serat kain.

Mencuci Kendaraan

Jangan gunakan sabun colek untuk mencuci kendaraan Anda. Cat yang melekat pada kendaraan akan cepat memudar jika dicuci dengan sabun colek. Oleh karena itu, hindarilah penggunaan sabun colek untuk mencuci kendaraan. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

 

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif