Soloraya
Selasa, 9 Juni 2015 - 03:10 WIB

PILKADA SUKOHARJO 2015 : Cabup-Cawabup Sukoharjo Wajib Ikuti Sekolah Partai

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pilkada (JIBI/Bisnis Indonesia/Rahmatullah)

Pilkada Sukoharjo 2015 semakin dekat. Cabub dan cawabub PDIP akan mengikuti pendidikan mengenai politik.

Solopos.com, SUKOHARJO – Para pendaftar calon bupati (cabup) dan calon wakil bupati (cawabup) dari PDIP segera mengikuti sekolah partai menjelang pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) pada Desember mendatang. Mereka akan diberi pendidikan dan pelatihan (diklat) mengenai politik selama mengikuti sekolah partai.

Advertisement

Para pendaftar cabup dan cawabup yang lolos tes wawancara telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test yang diselenggarakan DPP PDIP pada akhir pekan lalu. Hanya, fit and proper test digelar di Kantor DPD PDIP Jawa Tengah di Semarang.

Terdapat dua pendaftar cabup yang mengikuti tahapan fit and proper test yakni Wardoyo Wijaya dan Joko Sugiyanto. Sementara pendaftar cawabup ada tujuh orang yang mengikuti.

Advertisement

Terdapat dua pendaftar cabup yang mengikuti tahapan fit and proper test yakni Wardoyo Wijaya dan Joko Sugiyanto. Sementara pendaftar cawabup ada tujuh orang yang mengikuti.

Informasi yang dihimpun Solopos.com, Senin (8/6/2015), sekolah partai itu bakal digelar di Jogja. Namun, waktu pelaksanaan belum diketahui. Kemungkinan, sekolah partai digelar pada akhir Juni atau awal Juli menjelang masa pendaftaran cabup-cawabup yang diusung partai politik (parpol) atau gabungan parpol pada akhir Juli mendatang.

Sekretaris DPC PDIP Sukoharjo, Wawan Pribadi, mengatakan sesuai mekanisme tahapan penjaringan cabup-cawabup, mereka wajib mengikuti sekolah partai yang diselenggarakan DPP. Namun, Wawan belum mendapat informasi soal waktu pelaksanaannya.

Advertisement

Rencananya, sekolah partai digelar selama beberapa hari. Mekanismenya, para cabup-cawabup akan terlebih dahulu mengikuti tes tahap awal untuk menentukan tingkat pengetahuan politik mereka. Selanjutnya, mereka akan dibagi menjadi beberapa kelompok berdasarkan hasil tes tahap awal.

Mereka akan mengikuti diklat mengenai visi dan misi partai serta program kerja partai selama beberapa hari. Setelah diklat rampung, peserta kembali diwajibkan mengikuti tes tahap akhir.

“Jadi ada pretest yang dilanjutkan dengan pelaksanaan diklat sekolah partai. Nah, para cabup-cawabup juga akan menjalani tes tahap akhir,” terang dia.

Advertisement

Lebih jauh, Wawan menambahkan hasil fit and proper test dan sekolah partai menjadi acuan utama pengurus DPP mengeluarkan rekomendasi cabup-cawabup pada Pilkada Sukoharjo. Rekomendasi cabup-cawabup menjadi kewenangan mutlak pengurus DPP PDIP.

Di sisi lain, seorang pendaftar cabup PDIP, Joko Sugiyanto, mengaku telah mengikuti tahapan fit and proper test yang digelar di DPD DPIP Jawa Tengah. Joko juga mengaku siap mengikuti sekolah partai selama beberapa hari. “Kapan pun saya siap mengikuti sekolah partai,” katanya.

 

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif