Soloraya
Minggu, 7 Juni 2015 - 10:55 WIB

WISATA BOYOLALI : Umbul Leses, Sensasi Berenang di Antara Akar Pepohonan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Rifan, 7, berenang dan bermain air di Umbul Leses, RT 012/RW 003 Dukuh Soko, Desa Jenengan, Kecamatan Sawit, Boyolali, Sabtu (6/6/2015). (Kharisma Dhita Retnosari/JIBI/Solopos)

Wisata Boyolali yakni Umbul Leses dikenal sebagai wisata ziarah dan wisata air.

Solopos.com, BOYOLALI – Umbul Leses yang berada di RT 012/RW 003 Dukuh Soko, Desa Jenengan, Kecamatan Sawit, Boyolali, dikenal sebagai tempat wisata ziarah sekaligus wisata air. Berlokasi di tepi jalan raya Sawit-Pengging, Boyolali, umbul yang dikelilingi dengan pepohonan leses.

Advertisement

Suradi, 45, warga yang rumahnya berada persis di samping Umbul Leses menuturkan penamaan Umbul Leses sendiri menurut penuturan sejumlah warga tidak lepas dari cerita turun temurun yang mengisahkan dulunya hanya ada dua batang pohon leses di sana.

“Dulu ketika di sini masih berupa hutan, ada sepasang pengantin baru beristirahat di sini. Pas suaminya mau melanjutkan perjalanan, istrinya bilang ‘eshhh, nanti dulu’. Nah pas giliran istrinya mau, gentian suaminya yang bilang ‘esshh, nanti dulu’. Kemudian gara-gara pertengkaran itu mereka berdua berubah jadi sepasang pohon yang kemudian dinamai pohon Leses,” kata dia saat dijumpai

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif