Otomotif
Minggu, 7 Juni 2015 - 14:45 WIB

INDUSTRI OTOMOTIF : Rektor UMS: Industri Otomotif Indonesia Bisa Salip Tiongkok

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bus tenaga matahari ciptaan siswa SMK Muhammadiyah Gondanglegi, Malang, Jawa Timur. (Okezone.com)

Industri otomotif nasional mendapat sorotan dari Rektor UMS.

Solopos.com, SOLO – Di tengah suara keraguan yang menyebutkan industri otomotif Tanah Air tidak akan bisa mandiri, Muhammadiyah justru yakin bahwa Indonesia akan mampu menyalip industri otomotif Tiongkok.

Advertisement

Pakar ekonomi Muhammadiyah dan Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Bambang Setiaji, meminta Pimpinan Pusat Muhammadiyah untuk membuat kebijakan pendirian industri otomotif Muhammadiyah.

“Untuk mendirikan industri tersebut, UMS siap untuk melakukan konsolidasi. Tinggal apakah PP Muhammadiyah bersedia atau tidak dalam membuat kebijakan tersebut,” ungkap Bambang sebagaimana tertulis dalam siaran resmi Muhammadiyah yang dilansir laman Detik, Sabtu (6/6/2015).

Ia menjelaskan UMS telah banyak melahirkan teknokrat rekayasa industri mobil dan otomotif yang tidak kalah dengan sistem industri mobil dan otomotif Tiongkok. Selain itu Muhammadiyah juga memiliki 32 fakultas teknik dan ratusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan jurusan teknik mesin dan otomotif.

Advertisement

“Jika ini bisa dikoordinasi dan terintegrasi dengan baik, tidak ada kata tidak mungkin Muhammadiyah tidak bisa mendirikan industri mobil dan otomotif. Maka dari itu dalam muktamar Muhammadiyah di Makassar bulan Agustus 2015, Muhammadiyah harus mengeluarkan kebijakan ini,” imbuh Bambang.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, SMK Muhammadiyah Magelang tercatat sebagai salah satu sekolah yang ditugaskan untuk merakit mobil nasional Esemka. Sementara itu, SMK Muhammadiyah Gondanglegi, Malang berhasil menciptakan bus mini tenaga matahari yang diberi nama Suryawangsa 2 Arjuna.

 

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif