Jogja
Minggu, 7 Juni 2015 - 09:20 WIB

Apeman Sambut Merti Kyai Dipojoni

Redaksi Solopos.com  /  Mediani Dyah Natalia  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Warga Dipoyudan saat ikut dalam acara pembuatan apeman di Kampung Dipoyudan, Sabtu (6/6/2015). (JIBI/Harian Jogja/Joko Nugroho)

Apeman digelar di Dipoyudan, Jogja.

Harianjogja.com, JOGJA — Warga Dipoyudan menggelar Merti Petilasan Kyai Dipojodo pada Minggu (7/6/2015). Mengawali kegiatan ini, warga telah mempersiapkan dengan pembuatan apeman pada Sabtu (6/6/2015).

Advertisement

Ketua Panitia Merti Petilasan Kyai Dipojodo Udi Marnoto mengatakan jika acara ini merupakan acara tahunan. Acara apeman sendiri memang untuk menyongsong acara Merti Petilasan Kyai Dipojodo.

“Acara ini memang untuk mengumpulkan warga agara lebih menghormati budaya. Khususnya anak-anak muda agar mengerti dan mengingatkan bagaimana kampung ini dulunya berdiri,” jelas Marnoto di Kampung Dipoyudan, Sabtu (6/6/2015).

Marnoto menambahkan, untuk acara Merti Kyai Dipojodo diawali dengan penerimaan kiriman Kuto Moro dari Keraton Ngayogyokarto. Setelah itu akan diadakan prosesi kirab Kuto Moro menuju petilasan dengan bergodo dipoyudo, abdi dalem keprajan dan punokawan.

Advertisement

“Kami tahun ini juga membuat dua gunungan. Satu gunungan dari warga dan panitia. Warga sendiri adalah pemilik bakpia,” jelas Marnoto yang mengaku Merti Kyai Dipojoda akan diikuti 300 orang.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif