Otomotif
Sabtu, 6 Juni 2015 - 08:10 WIB

SEPEDA MOTOR TERBARU : Jajal Grand Filano, Skutik 125 cc Terempuk Besutan Yamaha

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengamat otomotif Taufik Hidayat menjajal Yamaha Grand Filano. (Tmcblog.com)

Sepeda motor terbaru Yamaha Grand Filano terasa nyaman berkat suspensi empuk dan pelek 12 inci.

Solopos.com, JAKARTA – Sepeda motor terbaru Yamaha Grand Filano jadi pendatang gres di bursa skuter matik (skutik) Tanah Air. Lantas, bagaimana sensasi saat menunggangi skutik impor dari Thailand yang dikatakan cocok untuk bernostalgia itu?

Advertisement

Seperti dilansir laman Detik, Senin (1/6/2015), sama halnya dengan Mio M3 dan Soul GT 125, sepeda motor terbaru Yamaha Grand Filano juga dibekali mesin 125 cc Blue Core. Kedati demikian, Grand Filano menawarkan sejumlah nilai jual tambahan yang membuatnya dibanderol seharga Rp28 juta.

Pengamat otomotif Taufik Hidayat yang berkesempatan menjajal Yamaha Grand Filano di perhelatan Pekan Raya Jakarta (PRJ) 2015 mengakui sensasi menunggangi skutik asal Thailand itu berbeda dengan saat menjajal Mio M3, Soul GT 125, dan Nmax.

Sama seperti Yamaha Nmax, Grand Filano juga dibekali pelek berukuran 12 inci berbalut ban tubeless. Kendati ukuran tersebut lebih kecil dari pelek skutik di Indonesia yang umumnya berukuran 14 inci, pengendara dengan tinggi badan 160 cm tetap akan berjinjit saat menaiki Grand Filano.

Advertisement

“Sebab jarak aspal ke jok cukup tinggi ditambah desain jok yang tebal membuat saya tetap jinjit meski peleknya terbilang kecil,” tulis Taufik dalam laman pribadinya.

Saat kaki menapak ke dek dashboard, tampak ruang kaki tidak terlalu luas dan antara telapak kaki hingga lutut menunjukkan garis tegak lurus. Hal itu menunjukkan Grand Filano hanya cocok untuk keperluan berkendara komuter di dalam kota alias penggunaan jarak dekat.

Tidak seperti Honda Vario dan Beat terbaru yang senyap saat mesin dinyalakan, Grand Filano masih sedikit mengeluarkan suara kasar. Diposisikan sebagai skutik fashionable and enjoyable, Grand Filano dibekali dua pasang suspensi yang lebih empuk ketimbang suspensi pada Nmax.

Advertisement

“Menurut saya ini adalah skutik 125 cc Yamaha yang paling empuk. Ditambah pelek 12 inci, handling-nya jadi terasa ringan. Nurut banget kalau ditekuk-tekuk,” ungkap Taufik.

Dikutip Solopos.com dari laman Metrotvnews, sepeda motor terbaru Yamaha Grand Filano hanya tersedia sebanyak 350 unit. Skutik dengan pilihan warna New White, Black Mat Titan dan Red Metalic itu juga dijanjikan oleh Yamaha akan mendapat pelayanan 24 Jam Rescue Service.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif