Soloraya
Sabtu, 6 Juni 2015 - 06:45 WIB

PERNIKAHAN GIBRAN-SELVI : Hotel di Solo Berlomba Tawarkan F’nB

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi suasana Narendra–Indo Asia Dining (Thesunanhotelsolo.com)

Pernikahan Gibran-Selvi membuat kamar hotel berbintang laris manis. Food and beverage adalah komoditas jualan pengelola hotel di Solo itu berikutnya.

Solopos.com, SOLO — Tingkat okupansi hotel di Solo diyakini mencapai 100% gara-gara putra sulung Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka menyunting Putri Solo 2009, Selvi Ananda. Serbuan tamu hotel yang akan menghadiri pernikahan Gibran-Selvi itu pun dijadikan momentum untuk mengenalkan kuliner khas Solo kepada para tamu yang sebagian besar berasal dari luar kota itu.

Advertisement

Director of Marketing Communications The Sunan Hotel Solo, Retno Wulandari, mengatakan okupansi hotel mencapai 100% pada hari puncak rangkaian cara pernikahan Gibran-Selvi, Kamis (11/6/2015). Sedangkan hari lainnya pada periode Senin-Sabtu (8-13/4/2015), okupansi telah mencapai 90% dari 203 kamar.

Menurut dia, sebanyak 90% tamu yang datang merupakan tamu undangan prnikahan Gibran-Selvi. Sisanya, merupakan tamu yang datang untuk acara nyadran.

Live Cooking
Hotel pun memanfaatkan momentum putra Jokowi nikah tersebut untuk meningkatkan penjualan food and beverage (F’nB), terutama makanan khas The Sunan Hotel dan Solo. Retno mengatakan pada Senin-Sabtu, hotel menyuguhkan live cooking jajanan Solo, yakni serabi dan musik siter sebagai hiburan.

Advertisement

Selain itu, akan disediakan pula angkringan di Narendra Restaurant dengan bermacam makanan khas Solo. Hal tersebut untuk menyambut tamu VIP dan VVIP supaya mereka merasakan keramahan dan merasa nyaman sehingga kembali berkunjung ke Solo.

“Kami juga menyediakan oleh-oleh khas The Sunan Hotel berupa onde-onde tiga rasa yang dijual Rp55.000/paket. Soalnya tamu yang berkunjung biasanya membeli oleh-oleh sebelum pulang,” ungkap Retno di Narendra Restaurant, Jumat (5/6/2015).

Food Festival
Public Relations Officer Lorin Solo Hotel, Daniek Medikawati, mengatakan pada Selasa-Jumat (9-12/6), okupansi hotel mencapai 90% dari 356 kamar. Menurut dia, kamar deluxe, executive, dan suite sudah habis dipesan. Sejauh ini, hanya kamar standar yang masih tersedia untuk periode putra Jokowi nikah itu.

Advertisement

“Kami mengadakan food festival di Kampung Ikan Resto pada Selasa-Jumat, dengan makanan disediakan di stall yang dihargai Rp75.000/nett dengan hiburan musik keroncong. Sedangkan di Sasono Bujono Restaurant juga ada Andrawina Package senilai Rp125.000/nett,” ujarnya.

Makanan yang disediakan berupa makanan khas Solo karena biasanya tamu yang datang ingin menikmati makanan tradisional. Meski permintaan tinggi, Daniek mengatakan publish rate yang ditawarkan masih sama, yakni mulai dari Rp1,3 juta.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif