Jogja
Sabtu, 6 Juni 2015 - 10:19 WIB

KONTROVERSI PASAR MALAM WATES : Jadi Lokasi Pasar Malam, Tanaman di Alun-Alun Wates Terancam Rusak

Redaksi Solopos.com  /  Nina Atmasari  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto ilustrasi (Antara)

Kontroversi pasar malam Wates muncul karena banyak pihak khawatir kegiatan tersebut mengganggu aktivitas warga maupun kondisi lingkungan

Harianjogja.com, KULONPROGO-Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Kulonprogo menerima banyak aduan dan keluhan mengenai kegiatan pasar malam di Alun-alun Wates.

Advertisement

Kepala KLH Kulonprogo, Suharjoko mengatakan, masyarakat khawatir jika pasar malam bisa merusak tanaman dan fasilitas lain di sana.

“Saya pribadi juga dihubungi beberapa komunitas yang biasa memakai alun-alun, pelajar, maupun masyarakat umum. Mereka rata-rata menanyakan mengapa itu [pasar malam] bisa diizinkan,” ungkap Suharjoko, Jumat (5/6/2015).

Suharjoko sendiri juga mengaku memikirkan hal yang sama. Dia cemas karena berbagai infrastruktur yang sudah diupayakan selama ini terancam rusak. Belum lagi dengan tumpukan sampah yang dipastikan mengotori kawasan Alun-alun Wates.

Advertisement

“Rumput lapangan juga terancam rusak. Apalagi jika ada wahana tertentu yang butuh menggali tanah. Itu bisa jadi gangguan ketika lapangan digunakan untuk aktivitas olah raga seperti sepak bola,” paparnya.

Menindaklanjuti aduan dan keluhan yang diterima, KLH Kulonprogo telah mencoba mengomunikasikan permasalahan tersebut kepada sejumlah pihak terkait, termasuk Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Kulonprogo.

Menurutnya, setiap SKPD perlu meningkatkan koordinasi agar kegiatan yang dilaksanakan tetap saling bersinergi. “Jika diperhitungkan, keuntungan yang didapat dari sewa tempat belum tentu sebanding dengan biaya memperbaiki taman sebagai ruang terbuka hijau,” jelas Suharjoko.

Advertisement

Suharjoko menambahkan, pelaksanaan kegiatan pasar malam bisa diarahkan ke lapangan kecamatan. “Kita berupaya agar kegiatan hiburan bagi masyarakat tidak merugikan penataan taman,” ucapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif