Jateng
Jumat, 5 Juni 2015 - 16:50 WIB

PILKADA SERENTAK : PDIP Jateng Rogoh Kocek Rp2,6 Miliar untuk Survei Pilkada

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pilkada langsung (JIBI/Dok)

Pilkada serentak akan digelar tahun ini. PDIP telah menyiapkan dana khusus untuk survei Pilkada.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Jawa Tengah mengeluarkan dana Rp2,6 miliar untuk melakukan survei pemilihan kepala daerah di 21 kabupaten/kota.

Advertisement

“Biaya survei pilkada tersebut ditanggung secara gotong royong oleh para bakal calon kepala daerah yang maju lewat PDIP,” kata Ketua DPD PDIP Jawa Tengah Bambang Wuryanto di Semarang, Kamis (4/6/2015).

Ia menjelaskan bahwa DPP PDIP sebenarnya mampu menanggung biaya survei pilkada di 21 kabupaten/kota itu.

Menurut dia, biaya survei pilkada tersebut sebagai bentuk ujian terkait dengan komitmen para bakal calon kepala daerah dari PDIP.

Advertisement

“Tidak ada unsur paksaan dan ketentuan besaran dana yang diberikan para bakal calon kepala daerah untuk melakukan survei pilkada,” ujarnya.

Ia mengungkapkan bahwa besaran biaya survei pilkada di masing-masing kabupaten/kota berbeda-beda dan berkisar Rp115 juta hingga Rp130 juta.

“Survei pilkada nanti akan dilakukan oleh lembaga survei yang menangani survei Ganjar Pranowo-Heru Sudjatmoko pada Pemilihan Gubernur Jateng 2013,” katanya.

Advertisement

Sebanyak 21 daerah di Jateng yang akan melaksanakan pilkada secara serentak pada 9 Desember 2015 itu, adalah Kota Pekalongan, Kota Semarang, Kabupaten Rembang, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Kebumen, Kota Surakarta, Kabupaten Boyolali, Kabupaten Kendal.

Kota Magelang, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Wonosobo, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Klaten, Kabupaten Blora.

Selain itu, Kabupaten Grobogan, Kabupaten Sragen, Kabupaten Demak, Kabupaten Pekalongan, dan Kabupaten Pemalang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif