News
Jumat, 5 Juni 2015 - 10:00 WIB

PENERIMAAN SISWA BARU : 88 Kursi SMA di Solo Dijatah untuk Atlet Berprestasi

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pendaftaran siswa baru (JIBI/Dok)

 Penerimaan siswa baru segera dimulai. Panitia PPDB Solo menyiapkan 88 kursi SMA untuk siswa berprestasi.

Solopos.com, SOLO – Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2015 Kota Solo memastikan kuota bagi siswa SMP berprestasi di bidang olahraga yang mendaftarkan diri ke SMA tahun ini sebanyak 88 kursi.

Advertisement

Sesuai Panduan PPDB, pendaftaran bagi siswa berprestasi tersebut juga melalui jalur PPDB offline.

“Kuota ini sudah mendapat persetujuan dari Wali Kota. Sebanyak 88 kursi tersebut akan tersebar di delapan SMA negeri,” terang Ketua Panitia PPDB 2015 Kota Solo, Aryo Widyandoko, ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (4/6/2015).

Advertisement

“Kuota ini sudah mendapat persetujuan dari Wali Kota. Sebanyak 88 kursi tersebut akan tersebar di delapan SMA negeri,” terang Ketua Panitia PPDB 2015 Kota Solo, Aryo Widyandoko, ketika ditemui wartawan di ruang kerjanya, Kamis (4/6/2015).

Aryo menguraikan setiap sekolah akan mendapat tugas membina para siswa berprestasi tersebut untuk satu hingga tiga cabang olahraga sesuai ketentuan panitia PPDB.

Pembagian kuota di masing-masing sekolah akan disesuaikan cabang olahraganya. Dengan demikian, sekolah akan mendapatkan kuota yang berbeda untuk siswa berprestasi tersebut.

Advertisement

”Selain prestasi bisa merata, penyebaran di delapan sekolah ini bisa mengoptimalkan pembinaan bagi para atlet,” tambah dia.

Kuota bagi siswa berprestasi di bidang olahraga, dia menambahkan, diperuntukkan bagi siswa yang meraih kejuaraan di antaranya Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda), Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) dan Pekan Olahraga Nasional (PON).

Ia menekankan kuota siswa berprestasi di bidang olahraga tersebut dikhususkan bagi siswa yang berasal dari Solo.

Advertisement

”Untuk kuota ini hanya kami buka bagi siswa dari Solo. Sedangkan siswa dari luar daerah hanya bisa mendaftar melalui PPDB online dengan kuota hanya terbatas,” ujarnya.

SMA yang diberi tugas membina siswa berprestasi di bidang olahraga, yakni SMA Negeri (SMAN) 1 mendapat kuota untuk cabang olahraga senam dan pencak silat, SMAN 2 untuk cabang olahraga bola voli putri dan bulu tangkis, SMAN 3 untuk cabang olahraga tenis lapangan dan senam.

Sementara SMAN 4 diberi tugas membina siswa untuk cabang taekwondo dan bola basket putra, SMAN 5 untuk cabang olahraga tenis meja dan panahan, SMAN 6 ditugaskan untuk cabang olahraga karate dan bola voli putri.

Advertisement

“Untuk SMAN 7 mendapat tugas untuk membina cabang olahraga bola basket putri dan SMAN 8 membina cabang olahraga atletik, bulu tangkis dan sepak bola,” kata dia.

Aryo menambahkan, jika terjadi ada siswa dengan kejuaraan yang sama, sementara jumlah siswa yang mendaftarkan diri melebihi kuota, maka akan dilakukan seleksi melalui nilai Ujian Nasional (UN).

“Kalau masih sama, akan dilakukan seleksi berdasarkan nilai mata pelajaran (mapel) yang sesuai urutan, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, Bahasa Inggris, dan IPA,” jelas dia.

Sekretaris Panitia PPDB 2015 Kota Solo, Budi Setiono, menambahkan, sosialisasi pelaksanaan PPDB untuk Jumat (5/6/2015) menyasar SMK-SMK. Pihaknya akan menggelar sosialisasi tersebut di SMKN 7 Solo. Sedangkan Sabtu (6/6/2015), sosialisasi akan menyasar SMA-SMA.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif