News
Jumat, 5 Juni 2015 - 14:30 WIB

IMPOR MINYAK : Indonesia Resmi Sampaikan Ingin Kembali Masuk OPEC

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi tanker. (JIBI/Bisnis Indonesia/Paulus Tandi Bone)

Impor minyak Indonesia sejak keluar dari OPEC lebih banyak mengandalkan pasar spot.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah Indonesia telah secara resmi menyampaikan keinginan untuk kembali bergabung di Organization of Petroleum Exporting Country (OPEC).

Advertisement

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said menghadiri undangan 6th International Seminar OPEC yang dilaksanakan pada Rabu-Kamis (3-4/6/2015) di Hofburg Palace, Vienna, Austria. Seminar ini mengangkat tema Petroleum: An Engine for Global Development.

Dalam rangkaian acara tersebut, Indonesia secara resmi menyatakan keinginan untuk kembali bergabung dalam OPEC. Hal ini disampaikan melalui pertemuan dengan Sekretaris Jenderal OPEC, Abdalla Salem el-Badri, serta kepada beberapa negara utama anggota OPEC.

“Secara khusus, OPEC akan mengadakan rapat pada hari Jumat (5/6/2015) untuk membahas rencana Indonesia ini,” tegas Sudirman Said melalui pernyataan resmi kepada Bisnis/JIBI di Jakarta, Jumat (5/6/2015).

Advertisement

Saat ini, status Indonesia adalah suspended sejak 2009. Anggota-anggota utama OPEC yang sudah ditemui menyatakan dukungan penuh terhadap keinginan Indonesia untuk bergabung kembali ke dalam OPEC karena Indonesia merupakan salah satu negara yang berperan dalam pendirian dan pengembangan OPEC.

Menurut Sudirman Said, keaktifan Indonesia di OPEC dan pertemuan bilateral dengan berbagai negara membuka kembali peluang kerja sama dan dukungan dari negara-negara anggota OPEC dalam penguatan kedaulatan energi. “Kesempatan dukungan ini sempat tertunda selama beberapa tahun sejak kita menyatakan ketidakaktifan dalam OPEC,” tambahnya.

Dalam pertemuan di Vienna, Sudirman Said didampingi Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi ESDM I Gusti Ngurah Wiratmaja Puja, dan Staf Khusus Menteri Widhyawan Prawiraatmadja.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif