Soloraya
Jumat, 5 Juni 2015 - 18:50 WIB

HUBUNGAN TNI-POLRI : Serunya Anggota Kopassus dan TNI AU Beradu dalam Lomba Adu Bakiak

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah personel TNI dari berbagai satuan berlomba balap bakiak di Lapangan Gelora Merdeka, Jombor, Bendosari, Sukoharjo, Jumat (5/6/2015). (JIBI/Solopos/Rudi Hartono)

Hubungan TNI-Polri di Sukoharjo tampak harmonis dalam lomba adu bakiak.

Solopos.com, SUKOHARJO-Personel TNI berkaus merah dan biru langit yang sedang mempersiapkan diri bermain bakiak bersama dua personel lainnya itu menjadi pusat perhatian. Personel berkaus merah merupakan anggota Grup 2 Kopassus Kandang Menjangan, Kartasura, Sukoharjo. Sedangkan yang berkaus biru langit merupakan personel Lanud Adi Soemarmo, Karanganyar. Penonton yang telah memadati Lapangan Gelora Merdeka, Jombor, Bendosari, Sukoharjo, Jumat (5/6), seolah tak sabar menyaksikan aksi mereka.

Advertisement

Personel Kopassus memeluk erat anggota TNI Angkatan Udara itu dari belakang. Keduanya berdiri di papan kayu. Mereka tampak sangat akrab. Sesekali keduanya mengobrol sambil membenahi posisi kaki sedemikian rupa agar kaki mereka tak goyah di papan bakiak itu.

Saat personel Lanud Adi Soemarmo hampir terjatuh, anggota Kopassus berupaya mempertahanan posisinya. Namun, keduanya malah terjatuh. Para penonton yang terdiri atas personel Polres Sukoharjo, Kodim 0726/Sukoharjo, Kostrad 413, Brigif 6, dan warga itu tertawa lepas menyaksikan pemandangan itu.

Lawan mereka yang telah bersiap di papan bakiak lainnya tak mau kalah. Personel TNI dari berbagai satuan tersebut saling berpegangan pinggang. Keriuhan pun menyeruak setelah anggota Polres Sukoharjo yang menjadi wasit membunyikan peluit.

Advertisement

Kedua tim berjalan hampir sejajar. Keriuhan kembali pecah saat mereka sampai di garis tujuan. Kedua tim berganti posisi balik kanan dan langsung berjalan menuju garis akhir. Namun, mereka justru saling berjatuhan.

Lomba balap bakiak di lapangan itu merupakan salah satu kegiatan yang diinisiasi Polres Sukoharjo untuk memperingati HUT ke-69 Bhayangkara. Kegiatan dimeriahkan ratusan personel TNI yang bermarkas di Sukoharjo dan sekitarnya. Sebelumnya mereka mengikuti jalan sehat dan lomba tarik tambang.

Kapolres Sukoharjo, AKBP Andy Rifai, mengatakan pihaknya sengaja mengundang personel TNI, termasuk Kopassus dan Lanud Adi Soemarmo untuk menunjukkan kepada masyarakat bahwa tidak ada permusuhan apa pun di antara mereka. Pertikaian di Karaoke Bima, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Minggu (31/5/2015), yang melibatkan kedua unsur itu tidak memengaruhi semangat kebersamaan.

Advertisement

“Ini buktinya, semua tetap solid dan bisa bersinergi. Tidak ada gunanya bersengketa. Kalau semua kompak dan bisa bekerja sama niscaya Indonesia hebat. Kejadian yang lalu biar lah berlalu,” kata Andy.

Dandim 0726/Sukoharjo, Letkol (Inf) Riyanto, sangat mengapresiasi langkah yang diambil Polres Sukoharjo. Kekompokan yang ditunjukkan personel Kopassus, TNI AU, dan lainnya bisa menjadi pesan moral yang dalam bagi seluruh personel TNI.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif