Teknologi
Kamis, 4 Juni 2015 - 03:10 WIB

TEKNOLOGI TERBARU : Mesin ATM di Tiongkok Bisa Deteksi Wajah

Redaksi Solopos.com  /  Ahmad Baihaqi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Mesin ATM pendeteksi wajah di Tiongkok (Telegraph)

Teknologi terbaru dikembangkan Tiongkok. ATM di sana bisa mendeteksi wajah sang pemilik kartu.

Solopos.com, BEIJING – Tiongkok mengembangkan sebuah teknologi terbaru berupa automatic teller machine (ATM) yang mampu mendeteksi wajah sang pemilik kartu.

Advertisement

Seperti dilansir Telegraph.co.uk, Senin (1/6/2015), mesin ATM itu dikembangkan oleh Tsinghua University bekerjasama dengan perusahaan teknologi bernama Tzekwan. Keunggulan ATM ini adalah hanya sang pemilik kartu yang bisa mengambil uang, karena sebelum pengambilan uang di mesin itu akan terlebih dulu mendeteksi wajah sang pemilik kartu.

Sebelum mengambil uang, pemilik kartu bank harus mendekatkan wajahnya ke kamera yang sudah ter-instal ke dalam sistem ATM. Foto atau gambar pengguna ATM akan diverifikasi dengan ID pengguna. Nah, apabila wajah tidak cocok maka tidak akan bisa mengambil uang.

Tentu teknologi terbaru ini dimaksudkan untuk keamanan saat bertransaksi melalui ATM. Kabarnya, ATM dengan teknologi terbaru ini telah memiliki koneksi dengan bank terkait dan polisi.

Advertisement

Namun, teknologi terbaru itu juga sempat mendapat kritikan oleh beberap netizen. Menurut mereka, deteksi wajah pada ATM kurang praktis. “Mengapa kita perlu mendeteksi wajah dulu? Bagaimana jika kita sedang sibuk dan membutuhkan orang lain untuk mengambil uang?” ujar pemilik akun Caobiqin.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif