Sport
Kamis, 4 Juni 2015 - 18:35 WIB

SANKSI FIFA : Inilah Dampak Sanksi FIFA untuk Indonesia

Redaksi Solopos.com  /  Haryo Prabancono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Timnas Indonesia (Ligaindonesia.co.id)

Sanksi FIFA untuk Indonesia memiliki beberapa dampak. Apa saja?

Solopos.com, SOLO — Sepak bola Indonesia harus menghadapi beberapa kerugian besar terkait sanksi FIFA yang dijatuhkan, Sabtu (30/5/2015) lalu. FIFA menghukum Indonesia atau PSSI karena dianggap melanggar Pasal 13 dan 17 Statuta FIFA terkait adanya intervensi pemerintah.

Advertisement

Beberapa dampak sanksi FIFA untuk Indonesia itu di antaranya tidak bisa mengikuti ajang Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Kualifikasi Piala Asia U-19. Klub-klub sepak bola Indonesia juga tidak bisa mengikuti ajang kejuaraan sepak bola di bawah FIFA dab AFC.

Berikut ini beberapa dampak yang harus ditanggung Indonesia karena sanksi FIFA itu, seperti dilansir laman Afc.com, Kamis (4/6/2015).

Kejuaraan Futsal AFC 2016
Indonesia sebenarnya ditunjuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Futsal AFC 2016. Akibat sanksi FIFA, Indonesia dicoret AFC sebagai tuan rumah. Uzbekistan lalu ditunjuk menjadi tuan rumah pengganti Indonesia.

Advertisement

AFC Cup 2015
Klub Indonesia, Persipura Jayapura, sebenarnya masih memiliki kesempatan melaju ke babak 8 Besar AFC Cup 2015. Adanya sanksi FIFA untuk Indonesia menyebabkan Persipura batal menjamu Pahang di 16 Besar AFC Cup 2015 dan dicoret dari kejuaraan bergengsi Asia tersebut.

Program pengembangan
Program pengembangan seperti kursus pelatih AFC dan pelatihan sepak bola tidak bisa diperoleh Indonesia lagi karena sanksi FIFA sudah dijatuhkan. Indonesia bisa mendapatkan fasilitas dan program pengembangan dengan syarat sanksi FIFA dicabut.

Kualifikasi AFC U-16 dan AFC U-19
Timnas junior Indonesia tidak bisa mengikuti ajang Kualifikssi Piala AFC U-16 dan AFC U-19. Dicoretnya Indonesia membuat jadwal kualifikasi Indonesia harus diubah dari awal.

Advertisement

Kejuaraan AFC Wanita U-14
Timnas wanita Indonesia tidak bisa bermain di Kejuaraan AFC Wanita U-14 karena sanksi FIFA. Kejuaraan ini sebenarnya dimulai pada 20 Juni, lalu diundur menjadi 23 Juni karena Indonesia sudah tidak bisa bermain.

Kejuaraan Futsal Wanita AFC Malaysia 2015
Timnas futsal wanita Indonesia dicoret dari Kejuaraan Futsal Wanita AFC di Malaysia 2015 karena sanksi FIFA. Format kualifikasi kejuaraan tersebut harus diganti karena Indonesia batal ikut.

Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Kualifikasi Piala Asia 2019
Timnas senior Indonesia dicoret dari Kualifikasi Piala Dunia 2018 dan Piala Asia 2019. Bisa jadi ini sanksi FIFA terberat bagi Indonesia karena level kejuaraan ini paling bergengsi. Indonesia sebenarnya dijadwalkan berlaga pada 11 Juni 2018 melawan Taiwan. Sayangnya sanksi FIFA membuat Timnas Indonesia gagal mengikuti kejuaraan ini.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif