News
Kamis, 4 Juni 2015 - 15:30 WIB

IJAZAH PALSU : Universitas Berkley Dibekukan, Menteri Arief Yahya Bantah Jadi Alumni

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Menteri Pariwisata Arief Yahya (JIBI/Solopos/Antara)

Ijazah palsu membuat sejumlah pejabat menjadi sorotan selain dua perguruan tinggi yang dibekukan.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Pariwisata, Arief Yahya membantah bahwa dirinya merupakan alumni dari Universitas Berkley of Michigan. Sebelumnya Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) membekukan University of Berkley karena diduga melakukan praktik jual beli ijazah.

Advertisement

“Sudah pasti ini tidak benar berita ini,” ujar Arief saat dihubungi melalui pesan singkat, Kamis (4/6/2015).

Arief Yahya memaparkan riwayat pendidikannya dari sarjana merupakan lulusan Fakultas Elektro Institut Teknologi Bandung (ITB), dan menyelesaikan program masternya di University of Surrey UK dengan title Msc in Telematics, serta mendapat gelar doktor manajemen bisnis di Universitas Padjajaran Bandung.

“Bisa di googling saja nama saya pasti ketemu waktu saya promosi doktor,” ucapnya.

Advertisement

Sebelumnya Rektor Universitas Berkley, Liartha S. Kembaren, mengklaim menteri Arief Yahya merupakan alumni universitas online yang ia pimpin dengan berkedok universitas internasional asal Amerika Serikat itu.

Dalam situs resminya, LMII mempublikasikan daftar alumni yang meraih gelar PhD dari kampus tersebut. Sejumlah nama beken, seperti Arief Yahya, anggota DPR Kamarudin Watubun dan Lili Asdjudiredja, mantan Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara Inspektur Jenderal Hadiman, serta mantan Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Alexander Bambang Riatmodjo, ada dalam daftar tersebut.

Berdasarkan informasi yang dilansir wikipedia.org, Arief Yahya lahir di Banyuwangi pada 2 April 1961. Dia menyelesaikan pendidikan S1 di ITB jurusan Teknik Elektro.

Advertisement

Kemudian, menyelesaikan pendidikan S2 (MSc) di Universitas Surrey di Inggris. Dia sekolah ke Inggris dalam rangka pembinaan karyawan PT. Telkom, perusaahaan yang membesarkan namanya hingga sebelum menjadi menteri.

Setelah meraih gelar MSc, Arief yahya menyelesaikan pendidikan S3 (doktor) di Universitas Padjajaran. Pada riwayat pendidikan itu, tak tercantum Arief Yahya mengenyam pendidikan di University of Berkley, Michigan yang bekerja sama dengan LMII.

Sejumlah alumni Universitas Berkley yang menggandeng Lembaga Manajemen Internasional Indonesia (LMII) terpampang di laman resmi LMII yang notabene beberapa alumni menempati jabatan strategis di pemerintahan maupun perusahaan swasta.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif