Jogja
Rabu, 3 Juni 2015 - 04:40 WIB

UN ONLINE : Sekolah di Kulonprogo Tertarik Ikuti UN Online

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi Ujian Nasional CBT

UN Online ternyata dinilai lebih efektif.  Beberapa sekolah di Kulonprogo bahkan tertarik untuk menerapkan sistem  

Advertisement

 

Harianjogja.com, KULONPROGO-Ujian nasional (UN) dengan sistem computer based test (CBT) dinilai lebih efektif dibanding paper based test (PBT). Beberapa sekolah kemudian tertarik untuk menerapkan sistem tersebut pada ujian reguler.

“Sekolah-sekolah akan coba menggunakan sistem itu. Mungkin ujian dari beberapa mata pelajaran akan dilaksanakan dengan komputer,” kata Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) Kabupaten Kulonprogo, Sumarsana, Selasa (2/6/2015).

Advertisement

Sumarsana memaparkan, berdasarkan hasil evaluasi UN CBT di SMK Negeri 1 Pengasih tahun ini, siswa lebih konsentrasi mengerjakan soal karena sudah tidak perlu menyediakan banyak waktu untuk menghitamkan lembar jawab. “Siswa bisa langsung mengeklik jawaban yang tertera di layar komputer. Kalau ada yang terlewat bisa diulang. Tidak rawan salah atau tertukar juga jawabnnya karena ada petunjuk untuk soal mana saja yang masih kosong,” ujarnya.

Hasilnya pun juga memuasan. Ada 12 siswa SMK Negeri 1 Pengasih yang mendapatkan nilai sempura pada mata pelajaran matematika. Peringkat 30 besar nilai UN 2015 di Kulonprogo juga semuanya diisi oleh siswa dari sekolah tersebut.

Sebelumnya, Wakil Kepala Urusan Kurikulum SMK Negeri 2 Pengasih, Suwarman juga menyatakan akan berusaha melengkapi fasilitas komputer yang saat ini jumlahnya baru sekitar 100 unit. “Jika tahun depan program itu [UN CBT] masih, akan kami siapkan dari sekarang,” ungkap Suwarman.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif