Jateng
Rabu, 3 Juni 2015 - 20:50 WIB

PRAKIRAAN CUACA : Tongkang Tujuan Cilacap Diimbau Cari Tempat Berlindung

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Prakiraan cuaca yang dikeluarkan BMKG Cilacap menyebutkan potensi munculnya gelombang tinggi di perairan Jawa Tengah dan DIY.

Kanalsemarang.com,CILACAP-Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Kepelabuhanan Cilacap mengimbau tongkang batu bara dari Kalimantan tujuan Cilacap mencari tempat berlindung karena terjadi gelombang tinggi di perairan selatan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Advertisement

“Kami memang belum dapat tembusan terkait peringatan dini gelombang tinggi di perairan selatan Jateng dan DIY, baik dari pusat maupun BMKG,” kata Kepala Seksi Kesatuan Penjaga Laut dan Pantai Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Kepelabuhanan Cilacap Hari Widiyanto di Cilacap, Rabu.

Menurut dia, tinggi gelombang perairan selatan Jateng-DIY yang berpotensi mencapai 5 meter berbahaya bagi kapal-kapal yang ukuran lambung timbulnya kurang dari tiga meter.

Sementara bagi kapal-kapal yang ukuran lambungnya lebih dari 3 meter, kata dia, tinggi gelombang 5 meter tidak berbahaya.

Advertisement

“Jadi, tidak semua kapal dilarang melaut,” katanya.

Oleh karena itu, dia mengimbau tongkang pengangkut batu bara dari Kalimantan tujuan Cilacap untuk mencari tempat-tempat berlindung agar tidak terhempas gelombang tinggi.

“Kalau tongkang kosong atau tanpa muatan, tidak masalah,” katanya.

Advertisement

Sebelumnya, Stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap pada Rabu (3/6) mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi di perairan selatan Jateng-DIY yang berlaku hingga 7 Juni 2015.

Dalam hal ini, tinggi gelombang maksimum di wilayah pantai selatan Cilacap hingga Yogyakarta diprakirakan mencapai kisaran 2-5 meter dengan kecepatan angin 10-30 knots yang bertiup dari arah timur hingga tenggara.

Sementara tinggi gelombang maksimum di wilayah Samudra Hindia selatan Cilacap hingga Yogyakarta diprakirakan mencapai kisaran 3-5 meter dengan kecepatan angin 15-30 knots yang bertiup dari arah timur hingga tenggara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif