News
Rabu, 3 Juni 2015 - 21:30 WIB

PENGUNGSI ROHINGYA : AS Sumbang US$3 Juta untuk Penanganan Rohingya

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pengungsi Rohingya di Lhokseumawe, Aceh. (JIBI/Solopos/Antara/Irwansyah Putra)

Pengungsi Rohingnya yang terus berdatangan di Aceh mendapat simpati dari Amerika Serikat (AS).

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah Amerika Serikat (AS) berencana untuk memberikan bantuan US$3 juta kepada Organisasi Migran Internasional (IOM) untuk mendukung penanganan gelombang migrasi ilegal melalui perairan.

Advertisement

Asisten Menteri Luar Negeri AS Bidang Kependudukan Pengungsi dan Migrasi, Anne C. Richard, mengatakan pemerintah AS telah mengalokasikan bantuan kemanusiaan senilai US$109 juta dalam anggaran 2014 untuk masyarakat Burma, termasuk etnis Rohingya yang rentan menjadi pengungsi.

“AS berencana memberikan sumbangan senilai US$3 juta kepada IOM guna mendukung usaha mengatasi krisis irregular migrants di wilayah perairan,” ujarnya di Jakarta, Rabu (3/6/2015).

Rencana tersebut juga disampaikan Richard dalam pertemuan Asean the Special Meeting on Irregular Migration yang berlangsung di Bangkok, Thailand, 29 Mei 2015. Dalam forum tersebut, Richard juga menyampaikan komitmen AS untuk mendukung upaya yang dimotori oleh pihak-pihak regional dalam mengatasi masalah imigran.

Advertisement

“AS selalu siap untuk memankanperan dalam semua upaya pemukiman kembali oleh banyak negara yang dipimpin oleh UNHCR bagi pihak-pihak yang paling rentan,” katanya.

Sebelum ke Jakarta, Richard mengunjungi pengungsi Rohingya di penampungan Kuala Cangkoi, Aceh Utara, pada 2 Juni 2015. Dia mengatakan AS berharap dapat terus berkonsultasi dengan pemerintah-pemerintah di kawasan ASEAN terkait kebutuhan dan cara terbaik yang dapat dilakukan oleh AS untuk memberikan bantuan kemanusiaan bagi para imigran.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif