Jogja
Rabu, 3 Juni 2015 - 07:40 WIB

PENGEMBANGAN WATUKODOK : Kembangkan Pantai, Pemkab Gunungkidul Diminta Beri Konsep yang Jelas

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Foto ilustrasi wisatawan di pantai (JIBI/Harian Jogja/David Kurniawan)

Pengembangan Watukodok Gunungkidul perlu dilakuakn secara serius.  DPRD setempat mendesak Pemkab membuat konsep yang jelas soal pengembangan pantai Watukodok

Advertisement

 

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Pemerintah Kabupaten Gunungkidul didesak membuat konsep yang jelas mengenai pengembangan kawasan Pantai Watukodok di Desa Kemadang, Tanjungsari. Hal itu dianggap perlu, sebagai upaya untuk melindungi masyarakat, sehingga tidak hanya menjadi penonton semata.

Pembuatan konsep ini salah satunya diungkapkan Ketua Komisi C DPRD Gunungkidul Purwanto. Menurut dia, penataan kawasan Watukodok menjadi langkah penting dan mengurangi potensi konflik yang terjadi.

Advertisement

Harapannya dengan pembuatan Detail Engineering Design (DED) semua pihak bisa diakomodasi, para pengusaha tetap diberikan ruang untuk menanamkan modalnya. Sementara masyarakat tidak merasa disingkirkan dengan kedatangan investor.

“Sebelum konflik yang terjadi semakin meluas, pemkab harus bertindak cepat dengan membuat penataan kawasan. Apalagi di tahun ini, pemkab juga mendapat dana alokasi khusus pembuatan taman sebesar Rp100 juta,” kata Purwanto kepada wartawan, Selasa (2/5/2015).

Dia pun berharap agar pemkab belajar dari masalah yang terjadi di Pantai Pulangsawal, di mana nama pantai tersebut diubah investor menjadi Pantai Indrayanti. Oleh karenanya, masuknya investor harus diawasi dengan ketat, sehingga kemungkinan pergantian nama atau kemuaan investor melibatkan warga setempat bisa diketahui sejak awal.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif