News
Rabu, 3 Juni 2015 - 09:45 WIB

KURS RUPIAH : Rupiah Menguat 0,08% ke Level Rp13.200/US$, Dolar Berpeluang Melemah

Redaksi Solopos.com  /  Evi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Bisnis/Rahmatullah)

Kurs rupiah pagi ini dibuka menguat 0,08% ke level Rp13.200/US$.

Solopos.com, JAKARTA — Berdasarkan Bloomberg Dollar Index, kurs rupiah atas dolar Amerika Serikat dibuka menguat 0,08% ke level Rp13.200 per US$.

Advertisement

Pukul 07.21 WIB, rupiah berpotensi menguat, setelah indeks dolar AS terpelanting. Lalu, pukul 08.00 WIB, rupiah atas dolar AS dibuka menguat 0,08%.

Dalam pergerakan kurs rupiah ini, Samuel Sekuritas Indonesia memprediksi tekanan nilai tukar rupiah atas dolar Amerika Serikat pada perdagangan hari ini, Rabu (3/6/2015), berkurang sejalan dengan melemahnya indeks dolar AS.

“Dolar diperkirakan lemah di Asia pada hari ini, sehingga akan mencegah pelemahan rupiah yang terlalu dalam,” kata Ekonom Samuel Sekuritas Indonesia Rangga Cipta dalam risetnya yang diterima hari ini, Rabu (3/6/2015).

Advertisement

Dikemukakan  indeks dolar AS kembali ke kisaran 95, walaupun akhirnya menguat tipis setelah angka manufaktur AS naik.

Perhatian investor akan fokus terhadap hasil pertemuan  ECB malam nanti, yang diperkirakan akan merespons kenaikan inflasi Zona Euro pada Mei.

Rangga mengatakan yield Bund Jerman kembali naik tajam hingga dini hari tadi, sehingga mendorong kenaikan yield obligasi negara lainnya termasuk USTreasury.

Advertisement

“Dolar berpeluang melemah hari ini. Juga ditunggu angka pengangguran Zona Euro serta neraca perdagangan AS malam nanti yang keduanya diperkirakan membaik,” kata Rangga.

Dikemukakan rupiah menguat tipis di perdagangan Senin, walaupun angka inflasi naik di atas ekspektasi. Pelemahan dolar serta baiknya angka China berhasil mendorong pelemahan dolar di pasar Asia.

“Kenaikan yield Bund Jerman dini hari tadi perlu diwaspadai karena bisa memicu kenaikan yield SUN dan ke luarnya dana asing,” kata Rangga.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif