Jatim
Rabu, 3 Juni 2015 - 05:05 WIB

BUAYA SIDOARJO : Heboh Buaya Kali Porong, Mahasiswa Unair pun “Turun Gunung”

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Buaya muara menampakkan diri di Kali Porong, wilayah Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, Kamis (28/5/2015). (JIBI/Solopos/Detik-Suparno)

Buaya Sidoarjo yang menghebohkan warga setempat lantaran kerap muncul di Kali Porong membuat para akademisi tertarik untuk menelitinya.

Madiunpos.com, SIDOARJO —Fenomena munculnya buaya muara di Kali Porong di Dusun Awar Awar Gunting tak hanya menarik perhatian warga. Tim peneliti dari studi Herpetologi Himbio Unair Surabaya pun tertarik melakukan penelitian.

Advertisement

Sebanyak 8 mahasiswa dari jurusan biologi itu melakukan sample air Kali Porong serta tanah, binatang kecil di sisi bantaran kali sebelah timur lokasi munculnya buaya, Selasa (2/6/2015).

Kedatangan para mahasiswa ini disambut munculnya buaya warna keputih-putihan. Hanya saja, buaya itu muncul bagian moncong mulutnya saja dan tidak lama hanya beberapa menit tapi sering dan lokasinya berpindah-pindah.

Pantauan detikcom, buaya yang muncul ukurannya tidak begitu besar serta munculnya juga tidak seluruh badannya cuma hanya kepala, dan bagian punggung.

Advertisement

Ketua kelompok tim Anandhika, 21, menjelaskan tujuan kedatangannya bersama mahasiswa lainnya untuk melakukan penelitian dengan keberadaan buaya.

“Untuk sementara kami melakukan sample air, suhu dan potensi makanan yang tersedia di sini, serta mencari tahu penyebab buaya muara kenapa sampai di lokasi sini,” ujarnya di lokasi sambil menambahkan hasil sementara, persediaan makanan sudah menipis atau habitatnya di muara terganggu.

Ia berencana akan kembali datang melakukan penelitian dengan membawa alat yang lebih lengkap untuk mendapatkan hasil yang lebih detil.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif