News
Selasa, 2 Juni 2015 - 17:55 WIB

MUTASI POLRI : 38 Perwira akan Pensiun, IPW Berharap Mutasi Kedepankan Profesionalisme

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (googleimage)

Mutasi Polri akan dilaksanakan karena sejumlah 38 perwira memasuki masa pensiun.

Solopos.com, JAKARTA – Dalam enam bulan ke depan, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) akan memensiunkan 38 perwiranya, mulai dari jenderal bintang empat hingga kombes.

Advertisement

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S. Pane mengatakan dengan demikian, dalam waktu dekat ini Polri juga akan melakukan mutasi besar.

Posisi yang akan dimutasi, kata Neta, antara lain posisi-posisi strategis seperti Asisten SDM, Kadiv Propam, dan sejumlah kapolda.

Advertisement

Posisi yang akan dimutasi, kata Neta, antara lain posisi-posisi strategis seperti Asisten SDM, Kadiv Propam, dan sejumlah kapolda.

Dalam keterangan tertulisnya, Selasa (2/6/2015), IPW menilai mutasi besar ini terlambat dilakukan akibat adanya tarik menarik di internal Polri.

“Masing-masing elite ingin menampilkan kader terbaiknya, terutama untuk posisi Asisten SDM, Propam, Kapolda Papua, Kapolda Jabar, Kapolda Metro dan lainnya. Akibatnya, meski sudah ada perwira yang pensiun, mutasi belum juga dilakukan,” kata dia.

Advertisement

Di Akpol ’80, ada dua perwira yang pensiun. Akpol ’81 mencapai 15 perwira, termasuk mantan Kapolri Jenderal Sutarman yang akan pensiun September mendatang.

Sementara di Akpol ’82 ada 10 yang pensiun. Akpol ’83 ada sembilan, Akpol ’84 ada satu, dan Akpol ’85 satu perwira yang pensiun.

IPW melihat tarik menarik dalam mutasi kali ini terjadi antara Akpol ’82 dengan Akpol ’83 dan Akpol ’84.

Advertisement

Dari Akpol ’82, rekan satu angkatan Kapolri Jenderal Pol. Badrodin Haiti, ada empat nama yang bakal dimunculkan memegang jabatan strategis, yakni Irjen Pol. Ngadino, Irjen Pol. Sabar Rahardjo yang pernah dicopot sebagai Kapolda DIY karena kasus Cebongan, Irjen Happy Kartika, dan Irjen Budi Winarso.

Yang menarik dari mutasi kali ini, menurut Neta adalah bakal bergesernya perwira Akpol 86 dan Akpol 87 ke posisi strategis.

IPW berharap mutasi kali ini diwarnai dengan semangat reformasi mental dan mengedepankan profesionalisme kepolisian dan bukan hanya karena faktor pertemanan satu angkatan.

Advertisement

Sehingga proses perubahan Polri bisa segera digulirkan secara cepat dan masyarakat bisa merasakan hadirnya polisi sipil yang profesional.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif