Otomotif
Selasa, 2 Juni 2015 - 00:50 WIB

LEBARAN 2015 : Honda Astra Motor Bertekad Jual 40.000 Unit Jelang Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Launching All New Honda Beat di Solo, Sabtu (17/1/2015). (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/Solopos)

Lebaran 2015 diharapkan Honda mampu meningkatkan penjualan hingga 40.000 unit pada satu musim itu saja.

Solopos.com, SOLO — Honda Astra Motor (AHM) Semarang menargetkan menjual lebih dari 40.000 unit sepeda motor menjelang Lebaran 2015. Oleh karena itu, pasokan akan mulai ditambah pada Juni 2015 ini.

Advertisement

Marketing Area Astra Motor Jateng, Jeffry Mei Gamastra, mengatakan pada Juni pabrikan seudah meningkatkan kapasitas produksi. Selain untuk mengantisipasi permintaan Lebaran juga untuk memenuhi pasokan supaya tidak terjadi kekosongan pasokan mengingat operasional pabrik akan berhenti beberapa saat.

“Biasanya wilayah Jateng mendapat pasokan minimal 37.000 unit per bulan. Kami targetkan bisa mendapat penambahan pasokan sekitar 4.000 unit. Mulai Juni pasokan sudah mulai ditambah karena sepekan menjelang dan setelah Lebaran biasanya pengiriman dihentikan,” ungkapnya kepada Solopos.com, Minggu (31/5/2015).

Menurut dia, produk matik yang akan paling banyak di dorong untuk penjualan pada peak season tersebut. Hal ini karena sepeda motor matik paling banyak diminati. Pihaknya mencatat penjualan matik memberi kontribusi sekitar 80%-85% terhadap total penjualan honda.

Advertisement

Beat Series
Menurut dia, Beat series hingga saat ini masih menjadi backbone penjualan dengan kontribusi sekitar 36%-40%. Kemudian di susul oleh Vario dengan sumbangan 25%-30%. Jeffry mengungkapkan sepeda motor sport masih memberikan sumbangan yang kecil, yakni sekitar 5%-10%. Pihaknya optimistis penjualan akan meningkat seiring dengan rencana diluncurkannya produk baru dalam waktu dekat.

“Saat ini market share Honda sekitar 70,1%. Kami optimistis mampu mencapai 75% hingga akhir tahun karena sebentar lagi akan ada produk baru untuk sepeda motor matik dan sport. Selain itu, kami juga terus menghadirkan promo untuk memudahkan konsumen memperoleh unit Honda,” kata Jeffry.

Lebih lanjut, dia mengatakan penjualan Honda terus tumbuh meski ekonomi saat ini sedang lesu, yakni sekitar 9,6% year to date (ytd). Pihaknya mengaku optimistis pada Mei ini peningkatan penjualan mampu mencapai 10% karena penjualan menunjukkan tren positif. Dia mengungkapkan rata-rata penjualan adalah 38.000 unit-40.000 unit per bulan di Jateng dengan sumbangan Soloraya sebanyak 11.000 unit-12.000 unit.

Advertisement

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif