News
Selasa, 2 Juni 2015 - 05:45 WIB

HARI LAHIR PANCASILA : JK Minta Pancasila Tak Hanya Dihapal

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Jusuf Kalla (JIBI/Solopos/Istimewa/Dok)

Hari lahir Pancasila dimanfaatkan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk mengingatkan warga bangsa agar bukan hanya menhapalnya.

Solopos.com, JAKARTA — Setiap tanggal 1 Juni, Indonesia memperingati hari lahir Pancasila. Menanggapi hal itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla berpesan agar Pancasila bukan hanya dihapalkan, tetapi juga mengimplementasikannya nilai-nilainya dalam kehidupan sehari-hari.

Advertisement

Bagi Jusuf Kalla (JK), implementasi nilai-nilai Pancasila itu bisa diwujudkan dengan niat terus memperbaiki infrastruktur sebagai cara baru mempersatukan bangsa. Menurut dia, nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila sejak awal memiliki fungsi utama untuk mempersatukan bangsa.

Di era sekarang, sambungnya, cara mempersatukan bangsa bisa dilakukan melalui pembangunan infrastruktur secara berkelanjutan. “Nilai Pancasila tentu untuk mempersatukan bangsa kita. Sekarang infrastruktur yang baik juga bisa memperbiki kehidupan dan mempersatukan bangsa ini,”katanya, di Jakarta, Senin (1/6/2015).

Lahirnya Pancasila merupakan judul pidato yang disampaikan Presiden Pertama Indonesia Soekarno dalam Sidang Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPK) pada 1 Juni 1945. Dalam pidato tersebut konsep awal Pancasila kali pertama dipaparkan sejumlah tokoh bangsa dan disimpulkan Bung Karno sebagai dasar negara.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif