Soloraya
Selasa, 2 Juni 2015 - 11:55 WIB

BENCANA KARANGANYAR : Besok, Pembangunan Rumah Relokasi Tahap I Dimulai

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, meninjau Dusun Guyon, Desa Tengklik, Tawangmangu, Karanganyar, Rabu (28/1/2015). Ganjar meminta adanya relokasi untuk warga Guyon yang teracam bencana, setelah tanah di wilayah tersebut ambles sejak beberapa tahun terakhir. (Bayu Jatmiko Adi/JIBI/Solopos)

Bencana Karanganyar menyebabkan rumah warga di kawasan rawan bencana direlokasi.

Solopos.com, KARANGANYAR — Relokasi rumah warga terdampak bencana alam di Karanganyar akan dimulai Rabu (3/6/2015) yang ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan rumah relokasi.

Advertisement

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Karanganyar, Nugroho, mengatakan peletakan batu pertama pembangunan rumah warga yang direlokasi tersebut menurut rencana dihadiri Bupati Karanganyar, Juliyatmono.

“Untuk lokasinya akan dilakukan di Tengklik, Tawangmangu,” kata dia saat ditemui wartawan di kantornya, Senin (1/6/2015).

Dia mengatakan relokasi tahap pertama akan dilakukan terhadap 96 rumah yang ada di tiga kecamatan. Di antaranya di Tengklik, Tawangmangu; Menjing dan Balong, Jenawi; serta Plosorejo dan Gempolan, Kerjo.

Advertisement

Menurut Nugroho, salah satu syarat untuk melaksanakan pembangunan rumah relokasi, warga harus membuat rencana anggaran biaya (RAB).

Di sisi lain Nugroho menyebutkan dari 96 rumah yang akan direlokasi, sebagian akan direlokasi di tanah kas desa dan sebagian di lahan milik pribadi (relokasi mandiri).

Untuk peserta relokasi mandiri di antaranya adalah sembilan rumah di Menjing, 14 rumah di Tengklik, dan delapan rumah di Plosorejo. Setiap rumah akan mendapatkan lahan 100 meter persegi dengan bangunan tipe 36.

Advertisement

Sementara itu Ketua Komisi D DPRD Karanganyar, Endang Muryani, mendesak agar relokasi segera direalisasikan.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif