Lifestyle
Senin, 1 Juni 2015 - 00:10 WIB

TIPS KECANTIKAN : Begini Cara Benar Gunakan Tabir Surya

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Memakai sunblock sangat penting saat musim kemarau (Healthmeup.com)

Tips kecantikan dari Sonia Wibisono dapat memberikan wawasan cara menggunakan tabir surya.

Solopos.com, JAKARTA –  Melindungi kulit dari sengatan sinar matahari tak bisa sembarangan. Ada beberapa cara agar tabir surya yang Anda gunakan benar-benar dapat melindungi kulit Anda.

Advertisement

Dokter Kecantikan Sonia Wibisono mengatakan agar dapat bekerja optimal, tabir surya harus digunakan paling tidak 30 menit sebelum kulit terpapar sinar matahari. Tujuannya, agar tabir surya dan segala manfaatnya itu bisa meresap ke dalam kulit.

“Sunblock minimal dipakai 30 menit sebelum kena matahari, biar terserap,” ujarnya di Jakarta, belum lama ini.

Pemakaian sunblock harus diulangi. Pasalnya, kandungan sun protection factor atau SPF di dalamnya berbeda. Tabir surya dengan SPF 30, tuturnya, harus diulangi pemakaiannya setiap dua jam. Apalagi, bila beraktivitas di air dan menggunakan tabir surya yang tak tahan air. Pemakaian tabir surya, tambahnya, dilakukan setelah kulit terkena air.

Advertisement

“Harus memakai sunblock tiap dua jam sekali. Kalau lebih intensif, habis keluar dari air harus apply lagi,” katanya. Tak hanya bagian tubuh lain yang menjadi perhatian, bibir, ujar Sonia, harus diolesi tabir surya juga. Bila tidak, bibir akan menjadi lebih cepat kering karena tak mendapat perlindungan. “Bibir juga olesin biar enggak kering,” katanya.

Penggunaan sunblock secara teratur dalam waktu lima tahun bisa mengurangi kerutan ataupun tanda penuaan lainnya hingga 24%. Hal ini karena, paparan sinar matahari berkontribusi mempercepat penuaan kulit.

“Setelah lima tahun enggak pakai sunblock lebih banyak tanda penuaan 24% daripada yang pakai,” katanya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif