Soloraya
Senin, 1 Juni 2015 - 06:30 WIB

PUTRA JOKOWI NIKAH : Pengamanan Ditambah Jadi 1.230 Personel

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos/dok)

Putra Jokowi menikah pada awal Juni. Segala persiapan dilakukan termasuk sisi pengamanan.

Solopos.com, SOLO—Jumlah personel kepolisian yang bakal diterjunkan untuk pengalaman acara pernikahan putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) ditambah.

Advertisement

Kapolresta Solo, Kombes Pol. Ahmad Lutfi, mengatakan Polresta Solo bakal menerjunkan sedikitnya 1.230 personel. Personel polisi yang berasal dari Detasemen C Pelopor, Dalmas, dan Satuan Lalu Lintas tersebut bakal dikerahkan selama tiga hari berturut-turut, Selasa-Kamis (9-11/5/2015).

“Kami bersama jajaran TNI, Pemkot [Pemerintah Kota] Solo, melakukan pengamanan sejak 9 Juni sampai acara selesai. Kami telah menyiapkan personel tambahan untuk pengalaman kedatangan tamu dan [pihak] VVIP,” kata Ahmad Lutfi di arena car free day (CFD), Minggu (31/5/2015).

Disinggung mengenai daftar tamu undangan dan pihak VVIP yang diantisipasi, Ahmad tidak menjelaskan secara detail. Menurut dia, daftar tamu khususnya ditangani panitia pernikahan atau langsung dari keluarga Presiden Jokowi. Polisi dan TNI, lanjut Ahmad, hanya mengantisipasi dan bertanggungjawan untuk melaksanakan tugas pengalamanan.

Advertisement

“Awalnya kami pengamanan tamu dan [pihak] VVIP dengan 633 personel, namun protokolernya juga banyak. Jadi kami tambah jadi 1230 personel untuk terjun langsung dalam pengalaman. Kami melakukan pengalaman obyek, kegiatan, dan rangkaian,” ujar Ahmad.

Ahmad menjelaskan pengalaman obyek yakni pengalaman yang dilakukan mulai dari Bandara Adi Soemarmo menuju lokasi pernikahan. Sedangkan pengalaman kegiatan, lanjut dia, yaitu pengamanan di beberapa tempat, seperti hotel maupun fasilitas umum yang dinilai perlu diawasi.

“Kami juga melakukan pengalaman rangkaian, yakni fokus di lokasi pernikahan. Sementara itu, standar pengamanan sama dengan acara penting lain yang dihadiri Presiden, keluarganya, atau Wakil Presiden. Polri sebagai pendukung pengamanan di satuan wilayah,” jelas Ahmad.

Advertisement

Ditanya soal rencana pengalihan arus di Kota Bengawan, Ahmad kembali tidak menerangkan secara detail. Dia hanya menjelaskan Polresta Solo telah menyiapkan jalur alternatif bagi tamu yang bakal menghadiri acara pernikahan Gibran Rakabuming Rakan dan Selbi Ananda tersebut.

“Kalau jalur alternatif tidak bisa disebutkan. Intinya kami sudah siap untuk melaksanakan pengalaman acara pernihakan anak Bapak Presiden Jokowi nanti,” kata dia.

Sementara itu, Dandim 0735/Solo, Letkol (Inf) Chrisbianto Arimurti, menyampaikan lebih dari 1.000 personel TNI siap dikerahkan untuk mengamankan pernikahan Gibran dan Selvi. Menurut dia, peronel TNI lebih khusus melakukan bagi tamu undangan dan pihak VVIP.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif