Jateng
Senin, 1 Juni 2015 - 12:50 WIB

KESEHATAN MASYARAKAT : Sekitar 33% Keluarga di Jateng Belum Memiliki Jamban

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/dok)

Kesehatan masyarakat menjadi perhatian organisasi Rotari Club Semarang. 
Kanalsemarang.com, SEMARANG-Rotary Club Semarang mengungkapkan sekitar 33% keluarga di Jawa Tengah (Jateng) belum mempunyai jamban untuk keperluan buang air besar.

Assistant Governor Rotary Club Semarang Bojong, Subeno Setio mengatakan masih banyak masyarakat yang buang air besar di WC umum atau kali yang tidak memenuhi kesehatan.

Advertisement

“Dari survai kami sekitar 33 persen keluarga di Jateng dan juga secara nasional belum memiliki jamban atau WC,” katanya di Semarang akhir pekan lalu.

Untuk itu, lanjut dia, Rotary Club secara nasional akan menggelar program satu juta jamban yang akan dibagikan kepada keluarga belum memiliki WC di rumah mereka.
Pencanangan program satu juta jamban, menurut Subeno rencananya dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada September 2015.

“Ini sebagai bentuk kepedulian sosial Rotary Club terhadap masalah kesehatan masyarakat,” tandasnya Presiden Rotary Club Semarang Bojong, Junias Hidajat.

Advertisement

Subeno menambahkan untuk pengadaan satu juta jamban membutuhkan biaya sekitar Rp280.000, sehingga pihaknya mengajak semua pihak dapat berpartisipasi mendukungan program tersebut.

“Kami berharap dukungan dari pihak agar program satu juta jamban bisa terlaksana dengan baik,” harapnya.
Sementara itu, pemilik pemilik Rumah Kita Semarang, Jimmy Jati Utomo mendukung program Rotary Club tersebut dengan memberikan donasi 1% dari total omzet penjualan pameran springbed dan furniture.

Rumah Kita menggelar pameran springbed dan furniture di Mal Paragon Kota Semarang pada 27 Mei-7 Juni 2015.
“Sebesar satu persen dari total omzet penjualan selama pameran akan disumbangkan ke Rotary Club untuk mendukung kegiatan yang dilakukan,” ungkap dia.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif