Jatim
Sabtu, 30 Mei 2015 - 07:05 WIB

LUMPUR LAPINDO : Waduh, Ogoh-Ogoh Mirip ARB Rayakan Sembilan Tahun Lumpur Lapindo

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lumpur Lapindo (JIBI/Solopos/Antara/Eric Ireng)

Lumpur Lapindo menyembur memasuki usia sembilan tahun. Warga memeringatinya dengan mengarak ogoh-ogoh ARB.

Madiunpos.com, SIDOARJO – Peringatan 9 Tahun lumpur Lapindo di Porong, Sidaorjo diwarnai aksi warga. Korban lumpur pun mengarak ogoh-ogoh berbentuk menyerupai Bos Grup Bakrie Aburizal Bakrie (ARB).

Advertisement

Ogoh-ogoh setnggi 4,5 meter itu diarak puluhan warga korban lumpur mulai dari Pasar Porong Lama menuju tanggul lumpur di titik 21. Ogoh-ogoh itu memiliki lebar 2,5 meter dan mengenakan pakaian berwarna kuning dan posisi tangannya dirantai layaknya citra yang melekat pada ARB.

Di depan arak-arakan, warga membentangkan spanduk berisi tulisan 9 tahun Lumpur Lapindo muncrat Bakrie penjahat. Warga melakukan arak-arakan sambil diiringi musik patrol.

“Ogoh-ogoh ini adalah ARB, Aburizal Bakrie harus tanggungjawab sampai akhirat,” teriak salah satu korban lumpur saat longmarch.

Advertisement

Dari pengamatan, Jumat (29/5/2015), setiba di tanggul titik 21, warga secara beramai-ramai meletakkan ogoh-ogoh itu di kolam penampungan lumpur yang sudah mengering.

Spanduk dan poster yang dibawa warga ditempelkan di gubuk-gubuk yang sengaja didirikan warga di sekitar pond yang sudah mengering. Warga juga mengenakan topeng kertas bergambar wajah ARB.

Poster-poster itu di antaranya bertuliskan Kampungku Dulu Tak Begini, Pak Jo Bantulah Kami Pulihkan Hidup, Tambangmu Hancurkan Hidupku, Lumpur Nyembur Lapindo Kabur, dan lain sebagainya.

Advertisement

Semburan lumpur Lapindo yang terjadi sejak 29 Mei 2006 telah menenggelamkan empat desa yang terdampak yakni Desa Siring, Jatirejo, Reno Kenonggo di Kecamatan Porong, dan Desa Kedung Bendo Kecamatan Tanggulangin, serta ribuan rumah warga dan ratusan hektar tanah milik warga.

Kurang lebih sudah sekitar 640 hektare kolam lumpur yang menampung semburan lumpur hingga hari ini.

KLIK dan LIKE di sini untuk update informasi Madiun Raya.

Advertisement
Kata Kunci : Lumpur Lapindo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif