Sport
Sabtu, 30 Mei 2015 - 07:25 WIB

FORMULA ONE : India Kembali Jadi Tuan Rumah 2016

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ini dia sirkuit internasional Buddh di India yang akan digunakan pada balapan Formula One tahun 2016 mendatang. Ist/www.f1fanatic.co.uk

Formula One akan kembali menggelar balapan di sirkuit Buddh nternasional India pada tahun 2016 mendatang.

Solopos.com, NEW DELHI—Kabar gembira bagi fans Formula One (F1) di India menyusul bakal kembalinya balapan mobil terbaik di dunia ini ke Buddh International Circuit, GP India, musim 2016 mendatang. India digadang-gadang siap menjamu para pembalap jet darat ini lagi setelah otoritas F1 siap bernegosiasi untuk kontrak anyar.

Advertisement

Pihak GP India diberitakan tengah mendiskusikan kontrak baru dengan bos F1, Bernie Ecclestone.  Sebelumnya, balapan F1 di daratan Asia Selatan ini kali pertama digelar musim 2011. Sayang, India hanya mampu bertahan menjadi tuan rumah selama tiga musim hingga 2013. Absennya India selama dua musim ini karena terkendala sengketa pajak dengan pemerintah lokal Utter Pradesh.

Ecclestone mengatakan India adalah pasar yang penting dan besar untuk F1. Maka dari itu, pihaknya masih menunggu negosiasi lebih lanjut dari GP India yang dipromotori oleh perusahaan multinasional, Jaypee Group.

“Saya berharap ada balapan di India tahun depan. Saya menanti promotor GP India. Kami akan melakukan apa pun yang dibutuhkan demi memastikan India kembali. Kami hanya tinggal menunggu Jaypee Group mengiyakan dan meneken kontrak,” papar Ecclestone, dilansir crash.net, Jumat (29/5/2015).

Advertisement

Padahal di musim depan F1 direncanakan melakoni 21 seri dengan masuknya GP Azerbaijan untuk kali pertama dan kembalinya GP Jerman yang absen di musim ini. Di sisi lain, otoritas F1 sendiri berniat memangkas grand prix agar tak berlangsung terlalu panjang. Di samping itu, India menjadi satu-satunya tuan rumah yang belum punya kontrak dengan F1 musim 2016. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif