Soloraya
Jumat, 29 Mei 2015 - 00:55 WIB

PENDAKI HILANG : 5 Pemuda Boyolali Tersesat di Merbabu, Hingga Jumat Dini Hari Belum Ditemukan

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah pendaki melakukan pendakian Gunung Merapi dengan latar belakang Gunung Merbabu yang di capai dari jalur Baru Selo, Selo, Boyolali, Jawa Tengah apda 2012 (JIBI/Solopos/Antara/Dok)

Pendaki hilang di Gunung Merbabu, Kamis (28/5/2015) malam.

Solopos.com, BOYOLALI Lima pendaki anggota  Unit Bantu Pertolongan Pramuka (Ubaloka) Boyolali tersesat di Gunung Merbabu, Kamis (28/5/2015) malam. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui keberadaan lima pendaki tersebut.

Advertisement

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, kelima pendaki anggota Ubaloka yang tersesat bernama Risky, Mugni, Ahmad, Danang, dan Wahyu. Mereka berasal dari Simo, Boyolali. Kelima pendaki hilang itu naik ke Gunung Merbabu sejak Rabu (27/5./2015) malam sekitar pukul 19.05 WIB.

”Salah satu sukarelawan kami di base camp Merbabu ada yang menerima kabar dari Risky, kalau dia bersama rombongannya tersesat di Gunung Merbabu,” kata Komandan SAR Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali, Kurniawan Fajar Prasetyo, saat ditemui Solopos.com ketika persiapan menuju ke Gunung Merbabu.

Informasi terakhir, Risky bersama rombongannya tersesat mulai dari Watu Tulis. Dari Watu Tulis mereka turun dua bukit kemudian ambil jalur ke arah kanan. Setelah menyadari posisi mereka tersesat, Risky berusaha mencari sinyal seluler.

Advertisement

”Begitu dapat sinyal, Risky berusaha menghubungi salah satu tim kami di base camp. Kontak terakhir dengan Risky tadi sekitar pukul 20.00 WIB. Ini sudah tidak bisa dihubungi karena kemungkinan baterai handphone Risky saat ini sudah drop,” jelas dia.

Saat kontak terakhir, rombongan Ubaloka itu masih berada di sekitar Watu Tulis. ”Informasinya mereka sudah bisa melihat lampu di bawah tetapi tidak berani turun karena jalur yang terjal dan curam, dan salah satu di antara anggota rombongan ada yang sakit.”

Pendaki kemungkinan bermalam di sekitar Watu Tulis. Watu Tulis masih berada di kawasan tak jauh dari puncak Gunung Merbabu dengan ketinggian sekitar 2.600 mdpl.

Advertisement

Kamis malam, satu regu tim SAR yang terdiri atas sekitar 12 orang sudah bergerak naik ke target operasi atau ke Watu Tulis. Satu regu lagi akan menyusul naik.

Jika sampai, Jumat (29/5/2015), kelima pendaki hilang belum ditemukan, tim SAR baru menyatakan status hilang.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif