Teknologi
Jumat, 29 Mei 2015 - 12:45 WIB

OS ANDROID : Google Akhirnya Perkenalkan Android M

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Google perkenalkan OS Android M saat Google I/O 2015 di San Fransisco, California, Amerika Serikat (AS), Jumat (29/5/2015). (event.google.com)

OS Android M akhirnya diperkenalkan Google saat ajang Google I/O 2015 di San Fransisco, California, Amerika Serikat (AS), Jumat (29/5/2015).

Solopos.com, CALIFORNIA – Google akhirnya resmi memperkenalkan sistem operasi (OS) terbarunya, Android M. Google menyebut Android M akan mempunyai sejumlah fitur anyar dan perbaikan performa yang cukup signifikan.

Advertisement

Dilansir laman event.google.com, Android M diperkenalkan saat ajang Google I/O 2015 di San Fransisco, California, Amerika Serikat (AS), Jumat (29/5/2015). Google mengkonfirmasi, OS ini sudah tersedia versi Beta yang dapat diunduh mulai hari ini.

Dilansir Mashable, Senior Vice President of Product Googl, Sundar Pichai, menyebut bahwa mereka akan “kembali ke asal” dan berfokus pada perbaikan kualitas platform.

Google mengatakan bahwa mereka memperhatikan perubahan apa saja yang dilakukan oleh para vendor terhadap OS Android. Dan memasukkan perubahan itu sebagai fitur dasar Android.
Dikutip Solopos.com dari The Verge, Jumat, Vice Presiden Engineering Google, David Burke, membeberkan salah satu perubahan besar yang dilakukan oleh Google adalah kini pengguna Android bisa memilih fitur apa saja yang boleh digunakan oleh aplikasi, seperti kamera atau GPS.

Advertisement

Android M sudah mendukung penggunaan USB Type-C, seperti yang digunakan oleh Apple di New MacBook. Google pun sudah mengintegrasikan Android Pay ke dalam OS anyar ini untuk menggantikan Google Wallet.

Android Pay memanfaatkan koneksi NFC serta Host Card Emulation untuk melakukan pembayaran. Untuk fitur keamanan, Android Pay sudah mendukung penggunaan sensor sidik jari seperti yang terdapat di Samsung Galaxy S6.

USB tipe ini mendukung pengisian baterai lebih cepat karena bisa dialiri daya yang lebih besar. Google juga memperkenalkan sebuah fitur baru bernama Doze yang diklaim bisa menambah waktu standby perangkat Android hingga dua kali lipatnya.

Advertisement

Seperti biasa, Android M yang dirilis di Google I/O 2015 ini masih berupa versi pra rilis yang bisa digunakan oleh developer untuk pengujian di Nexus 5, 6, 9 dan player. Sementara versi penuhnya akan tersedia beberapa bulan ke depan.

Advertisement
Kata Kunci : Android M OS Android
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif