Otomotif
Jumat, 29 Mei 2015 - 18:10 WIB

MOBIL TERBARU : Toyota Siapkan Si Cantik Sienta, Rival Baru Honda Freed

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Toyota Sienta 2015 (Indianautosblog.com)

Mobil terbaru Toyota Sienta lahir sebagai pesaing terdekat Honda Freed.

Solopos.com, TOKYO – Toyota Motor Company (TMC) tengah menyiapkan mobil terbaru Sienta untuk mengadang laju Honda Freed. Mobil cantik yang diposisikan sebagai adik Toyota Innova itu kabarnya juga akan dipasarkan di Indonesia.

Advertisement

Seperti dilansir laman Indianautosblog, Kamis (28/5/2015), mobil terbaru Toyota Sienta mulai tahun ini akan dipasarkan ke luar Jepang. Hal itu dilakukan TMC setelah melihat naiknya permintaan mobil MPV di India dan sejumlah negara ASEAN.

Jika Toyota Sienta pada seri sebelumnya memiliki desain retro mirip Mini Cooper, kini TMC membuatnya tapil lebih agresif dengan aksen tarikan garis dan sudut tajam. Mirip dengan Honda Freed, Sienta juga memiliki pintu geser di kedua sisi untuk memudahkan akses penumpang saat parkir di tempat sempit.

Mobil dengan dimensi panjang 4,23 m, lebar 1,69 m dan tinggi 1,47 m itu juga mendapat penyegaran di sektor interior. Perubahan paling mencolok adalah kesan kasual berkat balutan warna krem-hitam. Mirip Datsun Go+, tuas transmisi Sienta juga dibuat menyatu dengan dashboard agar kursi baris pertama lebih lega.

Advertisement

Untuk urusan dapur pacu, TMC membekali mobil terbaru Toyota Sienta dengan mesin VVT 1.500 cc empat silinder. Dikatakan semburan tenaganya mencapai 109 hp pada putaran 6.000 rpm dengan torsi puncak 136,6 Nm pada 4.400 rpm. Dengan transmisi otomatis CVT, TMC mengklaim konsumsi bensin Sienta mencapai 20,6 km/liter.

Kendati TMC telah mengumumkan Toyota Sienta dirilis di Jepang 9 Juli 2015 mendatang, Toyota Astra Motor (TAM) sebagai pemegang merek Toyota di Indonesia masih belum memberi tanggapan apapun terkait kemunculan mobil lima penumpang itu.

Sejumlah rumor menyebutkan TAM telah menjadwalkan mobil terbaru Toyota Sienta meluncur pada kuartal ke-3 2015. Tetapi, jika melihat bursa mobil Indonesia yang saat ini masih lesu, ada kemungkinan si cantik adik Toyota Innova itu akan diluncurkan 2016 mendatang.

Advertisement

 

Toyota Sienta 2015 (Indianautosblog.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif