Teknologi
Jumat, 29 Mei 2015 - 21:45 WIB

TEKNOLOGI CANGGIH : Inilah Virtual Reality Bikinan Google

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Virtual Reality Google Cardboard (google.com)

Teknologi canggih virtual reality diperkenalkan Google di ajang Google I/O 2015.

Solopos.com, SAN FRANSISCO – Google memperkenalkan perangkat canggih di Google I/O 2015 di San Fransisco, California, Amerika Serikat (AS), Jumat (29/5/2015). Perangkat berbentuk virtual reality (VR) ini diberi nama Google Cardboard.

Advertisement

Dikutip Solopos.com dari laman event.google.com, perangkat ini sebetulnya sudah diluncurkan Google sejak beberapa tahun silam. VR Google bahkan disebut-sebut telah menginspirasi perusahaan lain untuk melirik teknologi serupa.

Kali ini, Google telah mengumumkan versi terbaru dari VR headset-nya. VR yang diproduksi Google ini menjadi lebih besar dari yang sebelumnya. Google mengatakan bahwa harus ada perangkat 6″ yang masuk didalamnya.

Selain itu, perangkat ini pun support untuk Iphone. Pengembang yang merancang aplikasi Google Cardboard membuat versi IOS untuk para penggunanya.

Advertisement

Dilansri Cnet, Jumat, fiturnya kurang lebih sama dengan aplikasi Cardboard versi Android. Seperti menjelajahi kota-kota secara virtual, kaleidoskop, dan melihat objek tiga dimensi dari koleksi museum.

Selain menjadi lebih besar, Google Cardboard juga mudah untuk dirakit. Varian terbaru itu hanya butuh 3 langkah untuk merakitnya, yang bertentangan dengan pendahulunya dengan 12 langkah cara untuk merakit.

Lalu, pada dasarnya, headset yang terbuat dari material kardus ini tercipta dengan sepasang lensa yang memiliki fokus daya lihat yang ditampilkan layar smartphone.

Advertisement

Google juga menghilangkan tombol magnet yang ada di bagian samping, dan menggantinya dengan sebuah tombol khusus yang akan mensimulasi sentuhan tangan ke layar ponsel. Ini membuat Cardboard generasi baru punya kompabilitas lebih luas.

Google memang belum menyebut tanggal penjualan dan harga dari Cardboard 2.0 ini. Namun seharusnya harga perangkat VR anyar ini tak akan berbeda jauh dibanding Cardboard generasi pertama.

Google menjual Cardboard generasi pertama dengan harga mulai dari US$20. Dilansir Detik, Jumat, Sementara di Indonesia, ada peritel online yang menjual Cardboard dengan harga jauh lebih murah, yaitu mulai dari Rp30.000.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif