Jateng
Kamis, 28 Mei 2015 - 20:50 WIB

WISATA JATENG : Warga Dukung Festival Gunung Slamet

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gunung Slamet (JIBI/Solopos/Antara)

Agenda wisata Festival Gunung Slamet akan digelar pada 4-6 Juni mendatang.

Kanalsemarang.com, PURBALINGGA-Warga Desa Serang, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, mendukung penyelenggaraan Festival Gunung Slamet (FGS) yang akan dilaksanakan pada tanggal 4-6 Juni 2015.

Advertisement

“Kami terus melakukan berbagai persiapan karena kegiatan tersebut harus didukung penuh oleh masyarakat,” kata Kepala Desa Serang Sugito di Purbalingga, Kamis (28/5/2015).

Dia mengakui bahwa dana untuk penyelenggaraan FGS masih terbatas namun warga tetap berusaha semaksimal mungkin agar kegiatan tersebut dapat terselenggara dengan baik.

Menurut dia, pihaknya termotivasi dengan kegiatan Dieng Culture Festival (DCF) yang diselenggarakan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, Banjarnegara.

Advertisement

Saat Pokdarwis Dieng Pandawa menyelenggarakan DCF untuk pertama kalinya, dana yang digunakan merupakan swadaya masyarakat dan bantuan Pemerintah Kabupaten Banjarnegara namun pada kegiatan-kegiatan berikutnya mampu mendapat dukungan sponsor.

“Kami berupaya menggerakkan masyarakat demi terlaksananya Festival Gunung Slamet yang baru pertama kali digelar,” katanya, Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa sudah banyak calon wisatawan yang ingin menyaksikan pergelaran FGS 2015.

Menurut dia, hal itu terlihat dari sejumlah “homestay” yang telah dipesan calon wisatawan.

Advertisement

Kendati demikian, dia mengaku belum mengetahui secara pasti jumlah homestay yang sudah dipesan calon wisatawan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Purbalingga Subeno mengharapkan kegiatan FSB dapat menjadi ikon kunjungan wisata ke Purbalingga.

“FGS baru pertama kalinya digelar dan dipusatkan di Desa Wisata Serang, Kecamatan Karangreja, dan menjadi agenda wisata di Jawa Tengah,” katanya.

Bahkan, kata dia, FGS akan kembali digelar pada tahun 2016 dengan dukungan Pemerintan Provinsi Jawa Tengah seperti halnya “Dieng Culture Festival” yang digelar Pemerintah Kabupaten Banjarnegara.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif