Jateng
Kamis, 28 Mei 2015 - 05:50 WIB

KERAJINAN BATIK KUDUS : Perajin Dituntut Berinovasi dalam Membuat Motif

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - ilustrasi (JIBI/Burhan Aris Nugraha/dok)

ilustrasi (JIBI/Burhan Aris Nugraha/dok)

Kerajinan batik Kudus diharapkan bisa lebih populer di pasar. Untuk itu perajin batik Kudus diimbau untuk terus berinovasi dalam menentukan motif

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, KUDUS– Perajin batik tulis khas Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, dituntut berinovasi dalam membuat motif batik yang lebih kontemporer untuk menggaet pembeli dari kalangan generasi muda.

“Jika hanya mengandalkan motif batik khas Kudus klasik, tentunya sulit bersaing dengan batik tulis dari daerah lain yang mulai mengembangkan motif-motif batik kontemporer,” kata pemilik sanggar Alfa Batik Kudus Ummu Asiyati di Kudus seperti dikutip Antara, Rabu (27/5/2015).

Advertisement

Selain itu, kata dia, pengrajin batik tulis juga harus bersaing dengan batik cap yang motifnya cukup bervariasi dan harga jualnya juga murah.

Dengan inovasi motif batik tulis yang tidak meninggalkan kekhasan batik Kudus, diharapkan peminat batik tidak hanya sekadar menyasar kalangan tua, melainkan kalangan muda.

Upaya lain untuk menarik minat pembeli, yakni dengan membuat busana berbahan batik dengan model busana yang lebih kekinian.

Advertisement

“Biasanya, pembeli sulit menggambarkan dengan motif batik tertentu apakah hasilnya menarik atau tidak,” ujarnya.

Setelah mencoba mengaplikasikannya dalam bentuk busana jadi, kata dia, tanggapan pembeli cukup positif, karena bisa melihat langsung hasilnya dibanding hanya sekadar menjual dalam bentuk bahan.

Terkait dengan upaya menekan harga jual batik tulis, kata dia, memang sulit karena harga bahan bakunya juga melambung seiring naiknya harga jual bahan bakar minyak (BBM) serta melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS.

“Dengan terpaksa, kami harus menaikkan harga jualnya hingga Rp10.000 per potong,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif