News
Rabu, 27 Mei 2015 - 14:30 WIB

PENGENDALIAN INFLASI : Distributor Besar Mainkan Harga, Jokowi akan Bangun Pasar Lelang

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi inflasi (Solopos Dok)

Pengendalian inflasi menjadi perhatian pemerintah, khususnya terkait permainan harga oleh distributor besar.

Solopos.com, JAKARTA — Pemerintah segera membangun pasar lelang komoditas pangan di daerah untuk mencegah intervensi tengkulak, distributor, dan pedagang besar dalam penentuan harga.

Advertisement

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menuturkan saat terjun ke lapangan, dirinya menemukan bahwa permainan harga dan penimbunan barang banyak dimainkan oleh pemilik gudang dan distributor besar. Terutama di daerah yang jangkauannya sulit.

Untuk menghindari permainan harga tersebut, pemerintah akan membangun pasar lelang komoditas-komoditas pangan strategis di daerah.

“Sebentar lagi kita juga ingin membangun pasar lelang untuk komoditas-komoditas di daerah, sehingga harga tidak ditentukan oleh tengkulak, distributor-distributor dan pedagang-pedagang besar, tetapi ditentukan oleh lelang,” ujar Jokowi dalam Rapat Koordinasi Nasional IV Tim Pengendalian Inflasi Daerah 2015, Rabu (27/5/2015).

Advertisement

Dengan mekanisme lelang, produsen dalam hal ini petani dapat langsung berinteraksi dengan pembeli dan terjadi penawaran-penawaran harga. “Yang dapat untungnya adalah produsen. Siapa? Petani,” tegasnya.

Menurut Presiden Jokowi, semua negara melakukan lelang komoditas pangan. Adapun salah satu daerah di Indonesia yang telah menggelar lelang komoditas agro adalah Jawa Tengah.

“Nanti agar seluruh gubernur, bupati, walikota memberikan dukungan ini. Karena dengan pasar lelang ini harga komoditas-komoditas barang, kalau sistem yang terintegrasi akan kelihatan berapa harusnya harga beras, cabai, kedelai, jagung, dan lain-lainnya,” kata Jokowi.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif