Soloraya
Rabu, 27 Mei 2015 - 17:15 WIB

PEMKOT SOLO : Solo akan Jalin Kerja Sama dengan Xian, Tapi...

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sekda Solo Budi Suharto (JIBI/SOLOPOS/Dok)

Pemkot Solo berencana bekerja sama dengan Pemkot Xian Tiongkok di bidang teknologi.

Solopos.com, SOLO — Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akan menjalin kerja sama dengan Pemkot Xian, Tiongkok. Namun Pemkot akan berhati-hati supaya tak dimanfaatkan untuk memasarkan produk dari Xian.

Advertisement

Sekretaris Daerah (Sekda) Solo Budi Suharto menilai hanya bidang teknologi yang bisa dikerjasamakan antara Pemkot Solo dengan Pemkot Xian. Solo, lanjut dia, memiliki Solo Techno Park (STP) yang konsepnya sama dengan techno park di Xian.

Budi mengatakan di Xian jauh lebih andal dalam berbagai peralatan modern. Bahkan techno park Xian mampu memproduksi barang kelas dunia.

“Ya memang kelasnya Solo berbeda dengan mereka. Kelasnya di sana sudah sangat tinggi. Tapi justru itu bisa menguntungkan buat Solo,” kata dia, Kamis (27/5/2015).

Advertisement

Untuk diketahui, sejumlah pejabat di lingkungan Pemkot Solo untuk kali kedua melakukan kunjungan ke Kota Xian, Kamis-Sabtu (21-24/5/2015) lalu. Sebelumnya, kunjungan serupa dilakukan Pemkot akhir tahun lalu.

Budi melanjutkan kerja sama nantinya mengarah seperti penciptaan Sumber Daya Manusia (SDM). Selain itu penggalian produk baru sekaligus sebagai produsen.

Namun, Sekda menambahkan perlu berhati-hati dalam melangkah untuk merealisasikan kerja sama tersebut. Pemkot tak ingin Solo hanya dimanfaatkan untuk memasarkan produk-produk mereka.

Advertisement

Kepala Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset (DPPKA) Budi Yulistianto sebelumnya mengatakan program kerja sama Pemkot dengan Xian akan diperdalam lagi. Hal ini tentunya setelah delegasi Xian melihat kondisi riil di Solo.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif