Sport
Rabu, 27 Mei 2015 - 01:25 WIB

JELANG MOTOGP ITALIA : Bridgestone Sodorkan Ban Medium dan Keras

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bridgestone siap memberi dukungan penuh para pembalap MotoGP yang bakal mengarungi seri keenam di GP Italia dengan jenis ban beragam. Ist/motociclismo.es

Jelang MotoGP Italia produsen ban Bridgestone yang menjadi partner balapan sepeda motor itu menyodorkan sejumlah jenis ban  medium dan keras agar para pembalap bisa maksimal.

Solopos.com, MUGELLO—Bridgestone siap memberi dukungan penuh para pembalap MotoGP yang bakal mengarungi seri keenam di GP Italia, Sirkuit Mugello, Minggu (31/5/2015). Pemasok ban utama balap motor kelas premier ini menyodorkan sejumlah opsi jenis ban agar para pembalap bisa menggeber motor dengan maksimal.

Advertisement

Bagi pembalap pabrikan Honda dan Yamaha, Bridgestone menganjurkan jenis ban belakang medium dan keras. Sedangkan untuk pembalap lain mereka bisa menggunakan ban belakang jenis lunak dan medium. Sementara pilihan ban depan para rider kelas utama ini adalah lunak, medium, dan keras. Ban depan jenis tersebut demi mencocokkan dengan kondisi serta cuaca di lintasan.

Selain itu, produsen ban asal Jepang ini juga menyiapkan ban basah untuk berjaga-jaga seandainya balapan bakal berlangsung dalam cuaca ekstrem. Jenis ban keras pun sebagai pilihan utama, sedangkan ban lunak jadi ban alternatif.

“Kami melihat dalam beberapa balapan yang kian meriah dengan Valentino [Rossi] sebagai pemuncak klasemen. Selain itu, Ducati juga mampu bersaing ketat untuk merebut podium. Saya berharap Italia ramai akhir pekan ini,” kata Manajer Motorsports Bridgestone, Hiroshi Yamada, dilansir MotoGP, Selasa (26/5/2015).

Advertisement

Salah satu sirkuit tertua di Eropa ini merupakan salah satu venue favorit MotoGP karena layout yang dimiliki. Trek 5,245 km tersebut dilengkapi dengan tikungan cepat dan lambat, serta satu trek lurus sepanjang 1,141 km. Di trek terpanjang yang terletak antara tikungan ke-15, Bucine, ke tikungan pertama, San Donato, para pembalap bisa menggeber kuda besi mereka hingga kecepatan 350 km/jam.

Namun demikian, memasuki San Donato membutuhkan keahlian pengereman tingkat tinggi plus kontrol apik terhadap ban depan. Trek ini lebih banyak memiliki tikungan di sebelah kanan berjumlah sembilan buah, sementara di kiri ada enam. Maka dari itu, ban jenis lunak dan medium dengan lapisan lebih keras di sisi kanan menjadi pilihan paling tepat.

“Mugello adalah salah satu sirkuit tercepat di musim ini yang menuntut performa ban untuk menaklukkan tikungan cepat. Meski balapan kerap berlangsung dengan cuaca panas, sirkuit ini terletak di pengunungan sehingga ban juga harus cocok dengan temperatur rendah,” jelas Manajer Pengembangan Ban Bridgestone, Shinji Aoki. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Advertisement

Advertisement
Kata Kunci : Bridgestone MotoGP Italia
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif