Sport
Rabu, 27 Mei 2015 - 06:25 WIB

FINAL LIGA EUROPA : Lawan Dnipro, Sevilla Bertekad Ulang Sejarah

Redaksi Solopos.com  /  Mulyanto Utomo  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Final Liga Europa di Stadion Narodowy, Warsawa, Polandia, Kamis (28/5/2015) dini hari WIB akan dijadika Sevilla mengulang sejarah.

Solopos.com, WARSAWA— Liga Europa atau Piala UEFA bukanlah panggung yang baru bagi Sevilla. Tak ayal, tim asal Spanyol itu dijagokan bakal kembali memenangi turnamen kasta kedua di Eropa tersebut musim ini.

Advertisement

Sevilla akan bertemu wakil Ukraina, Dnipro pada babak final di Stadion Narodowy, Warsawa, Polandia, Kamis dini hari WIB. Tim besutan Unai Emery tersebut akan menginjakkan kaki di Warsawa dengan mengusung misi mempertahankan gelar.

Pada musim lalu, Sevilla menggapai trofi setelah menundukkan Benfica lewat drama adu penalti 0-0 (4-2) pada partai puncak di Juventus Stadium, Turin, Italia.

Advertisement

Pada musim lalu, Sevilla menggapai trofi setelah menundukkan Benfica lewat drama adu penalti 0-0 (4-2) pada partai puncak di Juventus Stadium, Turin, Italia.

Los Rojiblancos, julukan Sevilla, pun akan mencatat gelar juara secara back to back apabila bisa menundukkan Dnipro, tengah pekan ini. Sevilla bisa saja mengulang sejarah.

Sebelumnya, mereka pernah memenangi liga kasta kedua di Benua Biru tersebut secara beruntun yakni 2005/2006 dan 2006/2007. Mereka pun akan mengukir sejarah emas sebagai satu-satunya tim yang bisa memenangi Liga Europa secara back to back dua kali.

Advertisement

Tapi yang paling penting,  Sevilla membutuhkan gelar Liga Europa sebagai tiket ke Liga Champions musim depan. Carlos Bacca dkk. hanya bertengger di peringkat kelima klasemen akhir Liga Primera musim ini. Artinya, mereka tidak bisa meraih tiket ke Liga Champions musim depan dengan mengandalkan hasil liga domestik.

Dengan aturan baru bahwa juara Liga Europa bisa lolos ke Liga Champions musim berikutnya, membuat anak asuh Emery semakin termotivasi memenangi bentrok di Warsawa.

“Ini berarti besar. Tim ingin para fans merasakan getaran bahwa kompetisi ini ditujukan buat kami. Kami menerima sesuatu yang membuat kami bisa lebih besar, ini memberi prestise, ini memberi kami sebuah tempat dalam sejarah dan memberi pengakuan di Eropa atas kerja keras kami,” urai Emery, seperti dilansir Reuters, Selasa (26/5/2015).

Advertisement

Sebaliknya, ini merupakan final pertama Dnipro dalam turnamen besar di Eropa. Tim asal Ukraina ini juga tak pernah memenangi gelar bervariasi sejak 1989. Selain minim jam terbang di kancah Eropa, Dnipro juga kalah statistik dalam perjalanan mereka ke Warsawa.

Sevilla memenangi 10 pertandingan dalam 14 laga, alias hanya menang sekali dalam proses menuju partai puncak. Mereka juga menjadi pengkoleksi gol paling banyak dibandingkan kontestan lain, yakni 26 gol. Sementara Dnipro hanya mengklaim enam kemenangan sejak fase grup, dengan empat kekalahan dan hanya mencetak 13 gol dalam 13 pertandingan.

Meski demikian, Dnipro tak mau berpangku tangan untuk melanjutkan dongeng indah di Liga Europa musim ini. Pelatih Dnipro, Myron Markevych, yang mengambial alih kursi Juande Ramos pada Mei tahun lalu, mampu membuat timnya bermain cerdik untuk menumbangkan tim raksasa, seperti Napoli di semifinal. Dnipro bisa mengalahkan tim favorit dari Italia tersebut dengan agregat 2-1 di babak empat besar.

Advertisement

“Tidak ada yang memprediksi itu [Dnipro bisa sampai final], namun jika itu berawal dari sebuah mimpi maka dongeng akan berubah jadi kenyataan pada setiap laga dan setiap babak. Mereka [Sevilla] favorit, mereka unggul, mereka tim Spanyol yang sangat bagus dengan para pemain cepat dan serangan cepat, aspek untuk memainkan sepak bola modern. Namun saya pikir kunci utamanya adalah motivasi. Siapa yang lebih tangguh yang akan menang,” jelas kapten Dnipro, Ruslan  Rotan, seperti dilansir uefa.com. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)
 
Perkiraan Susunan Pemain:
– Dnipro Dnipropetrovsk vs Sevilla
– Live SCTV, Kamis (28/5) Pukul 01.45 WIB
– Stadion Narodowy (Warsawa, Polandia)
– Wasit: Martin Atkinson (Inggris)
 
Dnipro Dnipropetrovsk (4-2-3-1) Pelatih: Myron Markevych (Ukraina)
Boyko
Fedetskiy, Douglas, Cheberyachko, Leo Matos
Kankava, Fedorchuk
Luchkevych, Rotan, Konoplyanka
Seleznynov
Cadangan: Matheus Nascimento, Kalinic, Bruno Gama, Vlad, Lastuvka, Bezus, Shakhov
 
 
Sevilla  (4-2-3-1) Pelatih: Unai Emery (Spanyol)
Rico
Coke, Carrico, Kolo, Tremoulinas
Krychowiak, Mbia
Aleix Vidal, Banega, Vitolo
Bacca
Cadangan: Arribas, Iborra, Reyes, Gameiro, M’Bia, Denis Suarez, Fernando Navarro
 
Sumber: uefa.com/soccerway.com. (hkt/JIBI)

Advertisement
Kata Kunci : Dnipro Lia Europa Sevilla
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif