Teknologi
Selasa, 26 Mei 2015 - 21:10 WIB

SUARA ANEH DARI LANGIT : Suara Misterius Itu Dinamai The Hum, Sudah Ada Sejak 1970-an

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi The Hum (Istimewa)

Suara aneh dari langit yang terdengar di sejumlah penjuru dunia disebut-sebut disebut ilmuwan dengan nama The Hum dan sudah pernah terdengar sejak 1970-an.

Solopos.com, SOLO – Situs berbagi video, Youtube, dihebohkan dengan beredarnya rekaman suara misterius mirip terompet yang terdengar dari berbagai penjuru dunia. Video yang direkam dari berbagai negara dengan waktu yang berbeda-beda ini menimbulkan banyak spekulasi.

Advertisement

Dilansir Tech in Times, Senin (25/5/2015), Menurut laporan, para ilmuwan di Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) percaya kebisingan itu merupakan fenomena alam “biasa” di Bumi.

“Jika manusia memiliki antena radio, bukan telinga, kita akan dapat mendengar sebuah simfoni luar biasa dari suara-suara aneh yang datang dari planet kita sendiri,” kata juru bicara NASA menjelaskan.

Emisi radio alami di Bumi sangat nyata, lanjut NASA. Sementara kebanyakan orang tidak menyadari fenomena ini, suara-suara seperti terompet sangkakala itu terjadi sepanjang waktu di Bumi.

Advertisement

Sedangkan menurut laman blog Enigma, seperti dikutip Solopos.com, Senin (25/5/2015), para ilmuwan menyebut peristiwa itu dengan istilah ‘The Hum’ dan telah berlangsung sejak dekade 1970-an silam.

Seperti dilansir dari enigma.blogspot.com, Senin (25/5/2015), “The Hum” yang diartikan sebagai dengungan itu merupakan suara berfrekuensi rendah yang dapat terdengar oleh sebagian orang di sebagian wilayah.

Frekuensi suara ini hanya berkisar sekitar 10hz, jauh di bawah batas minimal frekuensi pendengaran manusia, yaitu 20hz. Di sebagian wilayah, suara ini bisa terdengar lebih keras dibanding tempat lain.

Advertisement

“Selama ini mungkin kita hanya mengenal istilah Taos Hum, yaitu fenomena dengungan yang dilaporkan di kotaTaos, New Mexico. Namun sesungguhnya fenomena serupa juga terjadi di banyak tempat. Bristol di Inggris, Bay Ridge di New York, Vancouver di Kanada, Auckland di Selandia Baru dan Kokomo di Indiana juga menjadi rumah bagi fenomena misterius ini,” kata Sam yang juga penulis buku Enigma 2 itu dalam blognya.

Sam memberi arahan untuk memahami pengertian suara dengungan misterius itu. Ketika pintu dan jendela tertutup, dan semua peralatan elektronik mati, maka berdiam dirilah sejenak. Tiba-tiba semua suara terasa menjadi lenyap dan kemudian suara berdengung aneh mulai terdengar di telinga.

“Mungkin anda pernah mengalaminya dan bertanya : Suara apakah yang barusan terdengar ? Itulah fenomena yang disebut ‘The Earth’s Hum’ atau dengungan bumi,” ujarnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif