Jateng
Selasa, 26 Mei 2015 - 21:50 WIB

STOK DARAH PEKALONGAN : Tinggal 181 Kantong, Stok Hanya Cukup untuk Sepekan

Redaksi Solopos.com  /  Sumadiyono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Stok Darah (Dok/JIBI/Solopos)

Ilustrasi Stok Darah (Dok/JIBI/Solopos)

Stok darah Pekalongan kian menipis. PMI Pekalongan menyebutkan stok saat ini tinggal 181 kantung dan hanya cukup untuk persediaan sekitar sepekan ke depan.

Advertisement

 

Kanalsemarang.com, PEKALONGAN- Persediaan darah di Palang Merah Indonesia Kota Pekalongan, Jawa Tengah, diperkirakan hanya mampu mencukupi kebutuhan masyarakat hingga sepekan atau enam hari ke depan.

Direktur Unit Donor Darah PMI Kota Pekalongan, Ani Sri Rahayu di Pekalongan, mengatakan bahwa saat ini persediaan darah sebanyak 181 kantong sehingga diperkirakan hanya mampu mencukupi kebutuhan masyarakat selama sepakan saja.

Advertisement

Sebanyak 181 kantong darah tersebut, kata dia, terdiri atas darah golongan A sebanyak 50 kantong, golongan B (48 kantong), dan golongan AB (15 kantong).

“Adapun darah golongan O nihil karena sebagian besar pendonor bergolongan A dan B,” katanya seperti dikutip Antara, Selasa (26/5/2015).

Ia mengatakan meski persediaan darah relatif sedikit tetapi PMI optimistis tidak akan terjadi kelangkaan darah bagi masyarakat yang akan membutuhkan darah.

Advertisement

“Masyarakat tidak perlu khawatir yang akan membutuhkan darah karena kami akan terus melakukan antisipasi kelangkaan darah,” katanya.

Ia mengatakan untuk mengantisipasi penurunan stok darah, PMI akan melakukan berbagai upaya, seperti menggiatkan jadwal donor darah rutin setiap hari.

Selain itu, kata dia, PMI juga akan mengadakan kegiatan donor darah massal dengan target 250-300 kantong darah.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif