News
Selasa, 26 Mei 2015 - 06:00 WIB

KABINET KERJA JOKOWI-JK : Jokowi Instruksikan Menteri Lakukan Terobosan

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo atau Jokowi (Dedi Gunawan/JIBI/Bisnis)

Kabinet Kerja Jokowi-JK diinstruksikan melakukan terobosan dalam menjalankan tugas.

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini meminta menteri di sektor nelayan, pertanian, pariwisata, infrastruktur, energi, serta usaha mikro, kecil dan menengah atau UMKM melakukan terobosan dalam menjalankan tugasnya.

Advertisement

Dalam sambutannya sebelum Rapat Kabinet Terbatas, Jokowi mengatakan sektor nelayan, pertanian, pariwisata, infrastruktur, energi, dan UMKM akan menjadi fokus kerja pada 2016.

Untuk itu, harus ada terobosan yang dibuat tanpa melanggar aturan yang ada, agar dampaknya langsung dinikmati masyarakat.

“Para menteri dan seluruh pimpinan lembaga negara harus mengambil tindakan yang sesuai dengan berbagai masalah yang ada di bawah tanggung jawabnya, dan harus bisa membuat terobosan tanpa melanggar aturan,” katanya di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (25/5/2015).

Advertisement

Jokowi menuturkan masyarakat di perbatasan dan masyarakat pinggiran akan tetap menjadi perhatian utama pemerintah dalam melakukan pembangunan nasional.

Dengan begitu, pembangunan dapat dilakukan secara merata dan dirasakan oleh seluruh masyarakat.

Menurut Jokowi, kebijakan terkait nelayan harus berpihak kepada kelompok-kelompok marjinal yang selama ini kurang diperhatikan. Kemudian, sektor pertanian juga harus mampu mengamankan panen petani, harga, dan pasokannya di masyarakat.

Advertisement

“Untuk pariwisata, objek pariwisata di kawasan Indonesia timur harus terus dikembangkan, dan UMKM harus dapat mengembangkan jiwa kewirausahaan, dari yang semula mental pencari kerja harus diubah menjadi mental pencipta lapangan pekerjaan,” ujar dia.

Dia juga menyebutkan infrastruktur seperti jalan dan jembatan harus segera diselesaikan agar arus barang dapat berjalan baik. Selain itu, menteri di sektor energi juga harus memastikan ketersediaan pasokannya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif