News
Selasa, 26 Mei 2015 - 09:30 WIB

BERAS PLASTIK : Hasil Lab Belum Keluar, Polri Berhati-Hati

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Beras plastik yang beredar di jejaring sosial (Okezone)

Beras plastik menggegerkan masyarakat beberapa hari terakhir.

Solopos.com, JAKARTA – Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri belum merilis hasil penelitian terhadap dugaan beras palsu karena penelitian hingga saat ini tengah berlangsung.

Advertisement

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri Brigadir Jenderal Polisi Agus Rianto mengatakan Puslabfor masih meneliti beras yang diduga palsu atau mengandung bahan plastik tersebut.

“Belum keluar hasilnya,” kata Agus di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta, Senin (25/5/2015).

Dia mengungkapkan penelitian yang dilakukan Puslabfor guna memperkuat penelitian sebelumnya.

Advertisement

“Sehingga akurasinya tepat. Kalau belum ada informasi dari Polri dan Kementerian, jangan sampai semua dicurigai. Namun kita tetap waspada,” kata Agus.

Kasus mencuat kala salah seorang warga Bekasi, Dewi Septiani, melaporkan temuan beras plastik ke Kepolisian Resor Kota Beksi. Beras tersebut saat dimasak terdapat keanehan ada bubuk plastik dan membutuhkan wkatu lebih dari dua jam.

Pemerintah Kota Bekasi pun meminta PT Sucofindo melakukan pengujian terhadap beras Dewi dan sampel beras di Pasar Tanah merah, Bekasi.

Advertisement

Hasilnya ada tiga senyawa plastik berupa pelentur (plasticer) yang biasa digunakan sebagai dasar pembuatan pipa, kabel, dan komponen lain.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif