Lifestyle
Senin, 25 Mei 2015 - 05:40 WIB

TIPS KECANTIKAN : Cuaca Panas Bikin Kulit Berminyak, Ini Solusinya...

Redaksi Solopos.com  /  Rahmat Wibisono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi membasuh wajah (Magforwomen.com)

Tips kecantikan kali ini tepat disimak kala musim penghujan berakhir.

Solopos.com, SOLO – Cuaca panas dapat menyebabkan kulit wajah mengeluarkan minyak berlebih. Produksi minyak yang berlebih itu cenderung mengganggu penampilan. Wajah yang berminyak dapat membuat debu dan kotoran mudah menempel. Penumpukan kotoran ini pada akhirnya akan menyumbat pori-pori dan memicu timbulnya jerawat serta komedo.

Advertisement

Kulit berminyak sejatinya merupakan jenis kulit yang baik. Orang yang memiliki kulit berminyak biasanya lebih awet muda. Kulit yang berminyak memiliki tingkat elastisitas yang tinggi, sehingga cenderung memperlambat proses penuaan. Meski demikian, jenis kulit berminyak sangat mudah memicu timbulnya jerawat dan komedo pada wajah seseorang.

Untuk menghilangkan produksi minyak yang berlebih itu, sebagian orang biasanya akan lebih sering mencuci wajah mereka. Padahal mencuci wajah terlalu sering justru bisa meningkatkan produksi minyak di wajah. Serba salah ya?

Sebenarnya, ada beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan untuk meminimalkan produksi minyak di wajah. Sebagaimana dikutip Solopos.com dari laman Healthmeup, Jumat (22/5/2015), berikut ini adalah cara sederhana yang dapat dilakukan untuk mengurangi produksi minyak di wajah.

Advertisement

Bersihkan Sisa Make Up pada Malam Hari
Menggunakan make up dalam waktu yang lama saat cuaca panas bisa membuat kulit menjadi berminyak. Make up membuat minyak terperangkap di bawah kulit sehingga memicu timbulnya jerawat.
Agar kulit tidak terlalu berminyak, maka gunakanlah make up yang tipis saat cuaca panas. Setelah selesai, segera hapus sisa make up yang menempel pada wajah Anda. Jangan biasakan tidur dengan tetap ber-make up.
Ketika tidur, wajah akan memproduksi minyak. Jika Anda tidak membersihkan make up menjelang tidur, maka produksi minyak di wajah akan semakin meningkat.

Cuci Wajah Maksimal Dua Kali Sehari
Saat cuaca panas, seseorang cenderung akan lebih sering mencuci wajahnya untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menempel. Padahal, terlalu sering mencuci wajah—terlebih menggunakan sabun yang memiliki kandugan PH tinggi—akan membuat kulit wajah semakin berminyak. Setelah dicuci, kadar minyak di wajah akan berkurang bahkan mengering. Kondisi inilah yang kemudian membuat kelenjar minyak lebih aktif memproduksi minyak.
Sebaiknya, mencuci wajah paling kerap dua kali sehari. Gunakan sabun cuci wajah yang cocok dengan kulit Anda, bila perlu berkonsultasilah dengan dokter kulit. Apabila wajah Anda terasa lengket, sebaiknya cukup percikkan air ke wajah. Air akan membuat wajah menjadi lebih segar.

Memakai Pembersih Wajah
Jangan menggunakan make up terlalu lama saat cuaca panas. Hal ini akan meningkatkan kadar minyak di wajah Anda. Sebaiknya, hapuslah riasan wajah setelah tiga atau empat jam dengan pembersih wajah.
Riasan wajah yang terlalu lama menempel akan membuat produksi minyak semakin meningkat. Setelah itu istirahatkanla wajah selama 30 menit sebelum meriasnya kembali.

Advertisement

Masker Wajah
Masker memiliki berbagai manfaat bagi wajah. Masker dapat mengencangkan, menyegarkan dan mengangkat sel kulit mati di wajah. Pengelupasan sel kulit mati ini dapat membantu membuka sumbatan pori-pori dan mengurangi jerawat.
Masker juga dapat membersihkan wajah hingga ke dalam pori dan menghilangkan kadar minyak yang berlebih. Untuk hasil yang maksimal, sebaiknya gunakan masker wajah dua kali dalam seminggu.

Steaming Wajah
Steaming atau menguapi wajah dengan air hangat bermanfaat membuka pori-pori dan mengeluarkan kotoran di dalam kulit. Teknik ini biasanya dilakukan saat melakukan facial yang bertujuan untuk mengeluarkan komedo dan jerawat. Perawatan dengan teknik ini bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Caranya :
– Bersihkan wajah menggunakan pembersih (cleanser)
– Siapkan air panas dalam sebuah baskom
– Hadapkan wajah Anda ke baskom dan tutupi kepala dengan handuk
– Setelah 10 menit, angkat wajah Anda dan keringkan dengan handuk
– Oleskan pelembab untuk menetralkan kulit wajah Anda
Untuk hasil yang maksimal, lakukan proses ini sekali dalam sepekan. Tetapi, apabila wajah Anda sangat berminyak, boleh saja melakukannya dua kali dalam sepekan. (Chelin Indra/JIBI/Solopos.com)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif