Jatim
Minggu, 24 Mei 2015 - 01:05 WIB

SERTIFIKASI HALAL : Inilah Instruksi Risma Soal Sertifikasi Halal

Redaksi Solopos.com  /  Aries Susanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (rri.co.id)

Sertifikasi halal bagi pelaku usaha menjadi keharusan guna menyongsong Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

Madiunpos.com, SURABAYA – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini ingin proses pengajuan sertifikat halal bisa dipercepat. Hal itu berkaitan dengan semakin mendekatnya Masyarakat Ekonomi Asia (MEA).

Advertisement

“MEA sebentar lagi akan datang. Negara tetangga dengan industrinya akan datang ke sini (Surabaya),” kata Risma saat memberikan sambutan di Olimpiade Halal yang digelar di auditorium Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Sabtu (23/5/2015).

Risma mengakui bahwa soal sertifikat halal, Indonesia sudah jauh tertinggal dibanding negara lain. Karena itu Pemkot Surabaya berusaha membantu dengan mendaftarkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk memperoleh sertifikat halal ke MUI.

“Sudah ada 400 an UMKM yang kami bantu mendaftar untuk dapat sertifikat halal ke MUI,” lanjut Risma.

Advertisement

Kenapa Risma getol memperjuangkan UMKM? Karena UMKM adalah penopang ekonomi masyarakat. UMK relatif lebih bisa bertahan dibanding industri besar bila ada goncangan ekonomi. Dan Risma mengatakan bahwa yang akan masuk ke Indonesia saat MEA nanti bukanlah industri besar.

“Yang masuk justru UMKM negara tetangga tersebut. Kalau industri besarnya sudah masuk duluan,” ujar Risma.

Risma menerangkan, 92% produk di Surabaya dibuat oleh UMKM. Jika UMKM kolaps, maka negara tetangga dengan mudah akan melenggang masuk dan menguasai pasar saat MEA nanti. Itu adalah sesuatu yang harus diwaspadai.

Advertisement

“Jika sertifikasi terlambat, bisa jadi negara lain akan menghancurkan perekonomian kita, perekonomian kita akan dijajah. Mari kita bersama-sama mengurus sertifikat halal dan semoga MUI bisa cepat dalam melakukan sertifikasi,” tandas Risma.

Advertisement
Kata Kunci : MEA Risma Sertifikasi Halal
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif